Percepat Penanganan Covid-19, PT. HM Sampoerna Bantu Pemkab Pasuruan 1 Paket Mesin PCR

  • Bagikan

Pasuruan,- Pemerintah Kabupaten Pasuruan mendapatkan bantuan 1 paket mesin PCR dari PT. HM Samporna Indonesia. Bantuan 1 paket mesin PCR dan 100 set baju APD tersebut diberikan secara seremonial di Pendopo Kabupaten Pasuruan, pada Rabu (05/08/2020).

Hadir dalam acara tersebut, HM Irsyad Yusuf, Bupati Pasuruan, H. Sudiono Fauzan, Ketua DPRD Kabupaten Pasuruan dan Kukuh Dwi Kristanto selaku mrg. Engag & Sust Central PT. HM Sampoerna Indonesia Tbk.

Bantuan mesin PCR tersebut diharapkan mampu mempercepat menangani pemutusan Covid-19 di Kabupaten Pasuruan. Menurut Kukuh, panggilan akrab Kukuh Dwi Kristanto, mesin PCR ini terbukti efektif untuk mempercepat proses swab pasien covid-19. Dalam waktu setengah jam saja mesin PCR ini bisa menguji hasil swab 32 sampel atau specimen.

Kukuh berharap, bantuan ini bisa membantu mempercepat proses penyembuhan covid-19.

Kukuh menuturkan dalam waktu dekat ini PT. HM Sampoerna Tbk juga akan memberikan bantuan 30 ribu masker dalam rangka untuk memenuhi kewajiban menggunakan masker untuk warga Pasuruan.

Sementara itu, Bupati Pasuruan HM Irsyad Yusuf mengucapkan terima kasih kepada PT. HM Sampoerna Indonesia dalam membantu mempercepat penanganan Covid-19 di Kabupaten Pasuruan. Bantuan tersebut, kata Irsyad Yusuf, bagi para tenaga kesehatan (nakes) sangat bermanfaat dalam mempercepat penanganan Covid-19.

Dengan adanya mesin PCR ini, Irsyad Yusuf berharap bisa digunakan perhari bisa untuk tes swab 300 an pasien covid-19. “Hari ini mesin PCR ini akan kita pasang. Dan mudah mudahan minggu depan sudah bisa kita operasional kan” terang Irsyad Yusuf.

Soal bantuan 30 ribu masker dari PT. HM Sampoerna Tbk, Irsyad Yusuf menegaskan itu bagian dari merealisasikan program wajib masker untuk seluruh warga Pasuruan. Dan karena itu, Irsyad Yusuf berharap dari pihak swasta untuk ikut bergotong-royong dalam memenuhi program wajib masker untuk masyarakat.

“Kita mentargetkan sekitar 500 ribu hingga 1 juta masker untuk diberikan pada warga Pasuruan,” tuturnya. (mnr).

  • Bagikan