Peringatan HUT Veteran Nasional Tahun 2020, Mengajak Pemuda untuk Meneladani Perjuangan Para Pejuang Terdahulu

  • Bagikan
Penyerahan tumpeng dari Plt. Bupati Sidoarjo (kiri)

Sidoarjo,- Ada yang berbeda pada peringatan Hari Ulang Tahun Veteran Nasional Tahun 2020 DPD LVRI di Sidoarjo kali ini, dimana biasanya diselenggarakan dengan meriah dan banyak kegiatan, namun tahun ini diselenggaran dengan sederhana. Pada Senin (10/08/2020) di Gedung Juang 45 Kabupaten Sidoarjo, acara digelar dengan mengikuti anjuran dari LVRI pusat mengingat situasi saat ini di tengah perjuangan melawan dan memutus mata rantai penyebaran Covid 19.

Ketua LVRI Sidoarjo Letkol Purn. H. Ahmad Nasikun membacakan sambutan Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Legiun Veteran Republik Indonesia, yang dalam sambutannya menyampaikan bahwa Peringatan Hari Veteran Nasional yang diadakan pada hari ini merupakan wujud penghargaan kepada veteran pejuang kemerdekaan atas perjuangan dan pengorbanan mereka dimasa revolusi. Serta sebagai wujud rasa berterima kasih kepada para pejuang kemerdekaan yang telah mewariskan nilai yang amat luhur yang memungkinkan bangsa Indonesia merebut dan mempertahankan kemerdekaan yaitu cinta tanah air rela berkorban dan percaya kepada kekuatan sendiri.

Sebagai veteran wajib merawat dan selanjutnya mewariskan nilai-nilai luhur bangsa kepada generasi penerus yang nantinya akan mengelola negeri ini.

Peringatan HUT LVRI kali ini mengangkat tema LVRI bersama Pemerintah dan Masyarakat Bertekad Melanjutkan Pewarisan Jiwa Semangat Nilai-nilai Kejuangan 45 untuk Mensukseskan Pembangunan Nasional di Bidang Sumber Daya Manusia. Tema ini di samping sesuai dengan tugas pokok Legiun Veteran Republik Indonesia yaitu mewariskan nilai-nilai perjuangan kepada generasi penerus juga tepat dihadapkan pada situasi kondisi nasional saat ini di mana nilai-nilai moral yang luhur seperti kebersamaan setia kawan toleransi menerima keberagaman mulai ditinggalkan dan sebaliknya banyak manusia yang ingin menang sendiri atau memperkaya diri sendiri

Ketua LVRI Sidoarjo Letkol Purn. H. Ahmad Nasikun

“Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahunnya kali ini, LVRI mengadakan simposium yang membahas tentang betapa pentingnya pembangunan sumber daya manusia kepada seluruh anggota di manapun berada dimana harus tetap memelihara kerjasama dan hubungan baik dengan Pemerintah Daerah setempat dan menjadi teladan dan pelopor dalam masyarakat,” tambahnya.

Plt. Bupati H. Nur Ahmad Syaifuddin, dengan didampingi Ketua DPRD Sidoarjo H.Usman menghadiri secara langsung acara ini, dalam sambutannya Plt. Bupati menyampaikan bahwa untuk saat ini yang terpenting adalah bagaimana mewariskan jiwa semangat dan nilai 45 kepada generasi yang akan datang. Hal ini sangat penting sekali guna menghadapi era globalisasi saat ini karena masyarakat khususnya generasi muda mempunyai kesempatan untuk menerima akses dari seluruh informasi-informasi yang ada baik informasi dari dalam bahkan dari luar.

“Saya mohon kepada bapak-bapak tidak segan-segan untuk terus memberikan masukan kepada kita semua apabila pada saat ini ada hal yang melenceng. Dengan peringatan Hari Veteran Nasional ini memberikan motivasi kepada kita semua khususnya kepada anak-anak muda agar bisa mewarisi perjuangan jiwa dan semangat nilai 45 dimana mereka para anak muda akan menghargai perjuangan para pendahulunya,” tambahnya.

Setelah memberikan sambutan Plt. Bupati Sidoarjo berkesempatan memotong tumpeng untuk kemudian diserahkan kepada anggota LVRI Kabupaten Sidoarjo.(Ries)

  • Bagikan