Wali Kota Malang, Sutiaji, Mengusulkan Demo Dilakukan Via Daring Saja

  • Bagikan
Walikota Malang, Sutiaji. Foto: Istimewa

Kota Malang | JATIMONLINE.NET,- Buntut kericuhan demo pada hari perempuan Internasional di Malang sebelumnya, Wali Kota Malang, Sutiaji usul kalau demo dilakukan lewat daring saja.

Menurut Sutiaji, di Kota Malang saat ini masih dalam masa penerapan PPKM Mikro, dirinya menilai peserta aksi demo itu melanggar protokol kesehatan dengan membuat kerumunan.

“Teknis di lapangan saat pelaksanaan demo itu ternyata susah. Meski beralasan meberapkan protokol kesehatan, nyatanya masih terjadi kerumunan,” kata Sutiaji pada Rabu (10/3).

Wali Kota Malang itu kemudia mengusulkan supaya pelaksanaan demo secara daring saja. Untuk menghindari kerumunan, dan tidak membuat klaster covid-19 yang baru.

“Menyuarakan aspirasi itu boleh. Demo daring kan juga tidak apa-apa, malah akan terlihat lebih indah,” tambahnya.

Menurutnya Sutiaji, karena negara kita ini menganut demokrasi, maka menyuarakan aspirasi adalah hak warga negara yang dilindungi undang-undang. Siapa saja boleh demo, asalkan tetap patuh pada protokol kesehatan.

Sementara itu, Kapolresta Malang Kota, Kombes Pol Leonardus Simarmata mengatakan hal yang sama. Dirinya sudah tak mengijinkan aksi demo dalam masa pandemi.

“Atas nama satgas covid-19. Saya beserta Dandim tidak mengizinkan ada demo lagi di Kota Malang. Dengan alasan apapun,” ucap Leonardus tegas. (san).

  • Bagikan