BLT Dana Desa Diserahkan Kepada KPM di Desa Rangkahkidul, Sidoarjo

  • Bagikan
Kepala Desa Rangkahkidul H. Warlheiyono (tengah) pada Penyerahan BLT Dana Desa di Desa Rangkahkidul Sidoarjo.

Sidoarjo,- Bantuan Langsung Tunai (BLT) dampak Covid-19 yang bersumber dari Dana Desa (DD) disalurkan di masing-masing desa yang ada di Sidoarjo. Seperti yang  dilakukan di Desa Rangkahkidul, Kecamatan Sidoarjo, Kabupaten Sidoarjo, pada Selasa (30/06/2020) pagi.

Pemerintah Desa Rangkahkidul menyerahkan langsung BLT kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Bantuan diterima tiap KPM berjumlah Rp 1.800.000 untuk periode 3 bulan.

Kepala Desa Rangkahkidul H. Warlheiyono menyatakan jumlah total BLT dari dana desa yang sudah disalurkan berjumlah 143 Kepala Keluarga (KK).

“Persyaratan untuk pengambilan BLT hanya membawa KK dan KTP. Tidak semua warga mendapatkan BLT ini, hanya yang sudah di data oleh pihak desa dan benar-benar terdampak covid-19 saja yang menerima” kata Kepala Desa.

Kepala Desa menambahkan, proses penyaluran BLT dilakukan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Yaitu menggunakan masker, mencuci tangan menggunakan sabun, lalu menggunakan hand sanitazier, dan menjaga jarak, agar tidak terjadi kerumunan.

“Karena masih pandemi, kita juga melarang bersalaman antar warga dan pihak pemerintah desa. Bukan apa-apa, ini demi kebaikan bersama untuk mencegah penyebaran virus covid-19. Kami juga berpesan, warga sudah diperbolehkan beraktifitas seperti biasa tetapi tetap menerapkan protokol kesehatan,” pesan Kepala Desa.

GUSDURian Peduli Sidoarjo Serahkan Bantuan Paket Sembako

Rudi Rangkutih (depan kanan)
Kepala Desa Rangkahkidul H. Warlheiyono (depan kiri)

Sebelumnya, pada Jum’at (26/06/2020) pagi, Desa Rangkahkidul juga menerima bantuan dari GUSDURian Peduli Sidoarjo. Bantuan dari GUSDURian tersebut diberikan pada warga yang belum tercover oleh bantuan baik dari Desa maupun Bantuan yang lain.

“Itu penting dilakukan agar tidak terjadi tumpang tindih bantuan dan tepat sasaran,” kata Rudi Rangkutih selaku Koordinator penyerahan bantuan.

Rudi menambahkan, bantuan dari GUSDURian Peduli Sidoarjo berupa sembako yang meliputi beras, mie instan, minyak goreng, kecap, sabun antiseptik dan masker.

“Bantuan dari GUSDURian Peduli Sidoarjo tidak hanya diserahkan di Desa Rangkahkidul saja, tapi juga dilakukan di beberapa daerah lain di Sidoarjo. Bantuan diberikan dengan harapan mampu sedikit membantu beban masyarakat akibat dampak pandemi covid-19,” pungkas Rudi. (min).

  • Bagikan