Dinkes Kota Malang Siapkan 3.000 Swab Test Antigen di Posko Penyekatan Mudik Lebaran

  • Bagikan
dr. Husnul Muarif, Kepala Dinas Kesehatan Kota Malang

Kota Malang | JATIMONLINE.NET,- Seperti tahun sebelumnya, Dinas Kesehatan Kota Malang tahun ini juga telah menyiapkan 3.000 swab test antigen pada posko penyekatan mudik lebaran.

Swab test antigen itu nantinya akan diberikan pada masyarakat terutama dari luar daerah yang datang ke Kota Malang.

dr. Husnul Muarif, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Malang mengatakan, bahwa sesuai prosedur yang telah ditetapkan oleh Pemprov Jawa Timur tentang swab test antigen yang akan dilakukan di posko penyekatan mudik.

Dalam rangka itu Dinkes Kota Malang akan melakukan berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan Kota Malang, TNI/Polri untuk menentukan tempat pelaksanaan penyekatan dan pemeriksaan kendaraan dari luar Kota Malang.

“Persediaan antigen kita sudah ada sekitar 3000 an. Nantinya swab antigen akan langsung dilaksanakan di tempat,” katanya.

dr. Husnul menambahkan, apabila hasil swab antigen ditemukan ada yang positif maka akan langsung dibawa ke rumah isolasi.

Puskesmas yang berlokasi dekat dengan lokasi penyekatan akan tetap buka normal seperti biasanya.

“Puskesmas akan tetap buka sesuai dengan jam kerja seperti biasa, mulai hari Senin sampai sabtu,” tegasnya.

Tahun sebelumnya Dinkes Kota Malang juga melakukan rapid test pada posko penyekatan mudik. Akan tetapi yang berbeda pada tahun ini hanyalah situasinya saja.

Tahun lalu masih dalam masa penerapan PSBB, dan kasus persebaran Covid-19 di Kota Malang saat itu sedang meningkat. (san).

  • Bagikan