Elektabilitas Demokrat Naik, 2024 Target Menang Pemilu

  • Bagikan
Wakil Ketua DPD Bintang Muda Indonesia, Partai Demokrat, Jawa Timur, Ismail

Pamekasan | JATIMONLINE.NET,- Ketua Koordinator Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu), DPC Partai Demokrat Pamekasan, Ismail, optimistis 2024 Partai Demokrat akan kembali memenangkan pemilu, sebagaimana melihat kejayaan partai di masa 2006-2014 dengan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) memimpin Indonesia dua periode.

“Kami bersyukur dan berbangga sekali, hasil beberapa survei menunjukkan elektabilitas Partai Demokrat terus mengalami peningkatan. Ini menunjukkan Partai Demokrat perlahan mulai diperhitungkan masyarakat, di tambah dengan situasi kurang puasnya kinerja pemerintah,” kata Ismail, Sabtu (7/8).

Selain survei partai, survei elektabilitas Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) juga masuk di bursa Calon Presiden (Capres) 2024. Artinya gerakan program sosial partai, tidak lepas dari pengaruh pimpinan partai. Terbukti belakangan AHY terus membina kader untuk turun tangan menyerap aspirasi masyarakat.

“Kita konsisten berada di oposisi luar pemerintahan, sebagai partai pengontrol. Jadi kalau ada yang tidak baik, perlu diberi peringatan untuk diluruskan. Memang belakangan kinerja pemerintahan bisa dikatakan membosankan, sehingga masyarakat memihak kepada Partai Demokrat untuk kembali memenangkan pemilu nanti,” ungkap Anggota DPRD Pamekasan itu.

Sebelumnya, Partai Demokrat mengklaim elektabilitasnya naik karena masyarakat tidak puas dengan kinerja pemerintah. Berdasarkan hasil Indostrategic, elektabilitas Partai Demokrat mencapai 8,9 persen atau hanya berada di bawah PDIP dan Gerindra.

“Naiknya elektabilitas Partai Demokrat dan PKS yang berada di luar pemerintahan adalah tanda ketidakpuasan rakyat atas kerja-kerja pemerintah,” kata Deputi Bappilu Partai Demokrat, Kamhar Lakumani.

Selain itu, ada beberapa faktor lain yang membuat Partai Demokrat mengalami kenaikan elektabilitas. Salah satunya yakni keberhasilan partainya mengatasi Gerakan Pengambilalihan Kepemimpinan Partai Demokrat (GPK-PD) pimpinan Kepala Staf Presiden (KSP) Moeldoko.

Peningkatan elektabilitas Partai Demokrat dalam beberapa hasil survei terakhir juga terjadi karena keberhasilan Pilkada Serentak 2020. (rus)

  • Bagikan