Mengaku Punya Komplotan Maling, Seorang Pria di Probolinggo Ancam Pemdes dan Minta Uang Keamanan

  • Bagikan
Pelaku saat diinterogasi petugas. Inset foto pelaku Samsudin

Probolinggo | JATIMONLINE.NET,- Bermodal ancaman, seorang pria paruh baya di Probolinggo berhasil memalak beberapa Pemerintah Desa di Probolinggo.

Perbuatan nekad itu dilakukan oleh Samsudin (46) Warga Dusun Pengumban, Desa Gununggeni, Kecamatan Banyuanyar, Kabupaten Probolinggo.

Samsudin berhasil memeras sejumlah Pemerintah Desa di Kecamatan Pajarakan. Akhirnya dirinya dibekuk pihak Polsek Pajarakan, di salah satu rumah perangkat Desa Ketompen, Kecamatan Pajarakan, pada Selasa (9/11) malam.

Kepolisian mengamankan pelaku dengan sejumlah barang bukti. Di antaranya uang, jaket, motor Honda Beat abu abu milik pelaku.

Penangkapan berawal dari adanya laporan sejumlah pemerintah desa. Samsudin yang sudah beberapa kali melakukan pemerasan, berdalih meminta uang untuk keamanan.

“Mendapat informasi jika pelaku kembali melancarkan aksinya, kami datangi. Langsung kami amankan,“ kata Kapolsek Pajarakan, Iptu Sugeng Harianto, pada Rabu (10/11).

Kapolsek menjelaskan, bahwa pelaku sudah melancarkan aksinya sejak bulan Oktober lalu. Saat itu, banyak kepala desa yang telah selesai masa jabatannya dan digantikan Penjabat (Pj).

Modus yang dilakukan tersangka yaitu dengan mengaku punya komplotan yang akan beraksi (maling) jika tidak diberi uang keamanan. Samsudin mematok tarif mulai dari Rp 1-2 juta. Apabila tidak diberi, Samsudin mengancam akan mengerahkan komplotannya masuk dalam Desa.

  • Bagikan