Pemancangan Pile Masjid Empat Lantai di Kecamatan Taman Oleh Cak Nur Plt. Bupati Sidoarjo

  • Bagikan
Penekanan tombol sirine menandai dimulainya pembangunan masjid

Sidoarjo,- Warga Perumahan Citra Harmoni Taman merenovasi total masjidnya. Seluruh bangunan masjid akan dirobohkan. Saat ini sudah setengahnya dirobohkan untuk memulai renovasinya. Pagi tadi, pemancangan tiang pancang pertama masjid besar Citra Harmoni Perumahan Citra Harmoni Taman dilakukan, pada Minggu, (9/8). Plt Bupati Sidoarjo H. Nur Ahmad Syaifuddin hadir menandai dimulai pelaksanaannya dengan menekan tombol sirine bersama panitia pembangunan dan takmir masjid.

Plt. Bupati Sidoarjo berharap warga Perumahan Citra Harmoni satu persepsi dalam pembangunan masjidnya. Dengan begitu nantinya pembangunannya dapat berjalan lancar. Dirinya melihat semangat warga Citra Harmoni cukup tinggi. Hal tersebut terlihat dari semangat panitia pembangunan masjid dalam mewujudkan pembangunannya.

Sosok yang kerap dipanggil Cak Nur itu mengatakan masjid merupakan syiar Islam. Masjid sendiri merupakan bangunan pertama yang dibangun Nabi Muhammad SAW usai hijrah dari mekkah. Oleh karenanya masyarakat diminta tidak ragu menyumbang pembangunan masjid seperti ini. Hal tersebut sama halnya dengan membantu syiar Islam amar ma’ruf nahi mungkar.

Pemotongan tumpeng oleh Plt. Bupati Sidoarjo, H. NurAhmad Syaifuddin

“Ini investasi kita di akherat, apabila bapak amal dan menyelesaikan ini (pembangunan masjid), ini akan menjadi amal yang mengalir tiada hentinya selama masjid ini dimanfaatkan,” ucapnya.

Cak Nur menambahkan masjid membuat masyarakat memiliki hati yang taqarrub. Hati yang selalu dekat dengan Allah SWT. Oleh karenanya dirinya berharap pembangunan masjid akan sesuai schedule yang ditentukan. Dirinya juga meminta pihak developer dapat ikut membantu kelancaran pembangunannya.

“Apapun yang kita miliki tanpa ada sentuhan jiwa, sentuhan rohani tidak akan bisa bahagia,” ucapnya.

Ketua Panitia Pembangunan Yan Suhirmanto mengatakan masjid Citra Harmoni akan dibangun 4 lantai. Diperkirakan menghabiskan dana sekitar Rp 11 milyar. Ditargetkan Ramadhan tahun depan sudah dapat dipergunakan untuk sholat taraweh.

Dikatakannya masjid Citra Harmoni berdiri sejak tahun 2016. Saat itu menempati lahan 2 kapling yang disediakan developer. Namun saat ini sudah ada tambahan 3 kapling tanah. Tahun 2019 kemarin upaya perluasan masjid berhasil dilakukannya.

“Alhamdulillah tahun 2019, mulai tahun 2016 kami melakukan negosiasi untuk membebaskan tanah disebelah sana dan tahun kemarin berhasil dibebaskan dan sudah langsung kita wakafkan, jadi ada tambahan tiga kapling,” ujarnya.

Yan Suhirmanto mengatakan pembangunan masjid Citra Harmoni berkonsep BCG (Beauty, Clean, Green). Beauty menurutnya masjid harus indah. Clean, masjid harus senantiasa bersih. Sedangkan green menurutnya masjid harus ramah lingkungan. Konsep tersebut nantinya yang akan diterapkan. Untuk desain masjid ujar Yan akan berarsitektur modern dan mediterania.

“Karena disini di blok pertama dulu mediterania, jadi jangan terlalu moderen, unsur mediterania dan masjidnya supaya kental,” ucapanya.

Sementara itu Ketua Takmir Masjid, Ust Abu Hanifa mengatakan sebelumnya masjid Citra Harmoni hanya dapat menampung 500 jamaah saja. Setelah direnovasi diharapkan akan mampu menampung lebih kurang 3 ribu jamaah. Dirinya bercerita tahun lalu masjid tersebut tidak muat digunakan untuk sholat taraweh. Alhasil beberapa jamaah masjid pulang kembali.

Oleh karenanya ujar Ust. Abu Hanifa, beberapa tahun ini dirinya merapatkan perluasan masjid dengan jamaahnya. Disepakati masjid akan direnovasi total agar dapat menampung seluruh jamaah.

“Insya Allah kita tidak hanya merenovasi total tapi kita juga akan memperluas masjid Citra Harmoni ini, diperkirakan dapat menampung 3 ribu jamaah,” ujarnya.

Untuk menghimpun dana pembangunannya, panitia pembangunan masjid Citra Harmoni menyediakan rekening sumbangan. Masyarakat dapat berdonasi 1 m2 senilai Rp. 5,5 juta. Seperti yang dilakukan Plt. Bupati Sidoarjo H. Nur Ahmad Syaifuddin yang ikut menyumbang 2 m2. (Ries)

  • Bagikan