Pendapatan Meningkat, BUMDes Kedungturi Gelar RAT Perkuat Lini Usaha

  • Bagikan
Suasana RAT BUMDes Surya Sejahtera, Kedungturi, Taman, Sidoarjo

Sidoarjo | JATIMONLINE.NET,- Bertempat di Balai Desa Kedungturi, BUMDes (Badan Usaha Milik Desa) Surya Sejahtera, Desa Kedungturi, Taman, Sidoarjo menggelar RAT (Rapat Anggota Tahunan) tutup buku 2020, Sabtu, (01/05/2021). RAT adalah wahana penyampaian hasil kinerja tahun 2020 serta pembahasan rencana program kerja BUMDes Surya Sejahtera periode mendatang.

RAT yang berjalan penuh hikmat tersebut dihadiri sekitar 70 orang. Terdiri dari BPD, LPMD, Ketua RW dan perwakilan anggota simpan pinjam BUMDes Surya Sejahtera.

Karena masih dalam masa pandemi, Rapat tahunan tersebut berjalan dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. RAT tersebut menghasilkan keputusan yang sangat penting bagi perkembangan ekonomi desa kedepan. Diantara pembahasan itu adalah soal unit usaha BUMDes baru yakni pasar desa sebagai penguat ekonomi warga masyarakat Desa Kedungturi. Dimana pada periode 2020 itu BUMDes Surya Sejahtera telah mampu membuat pasar desa baru.

Disamping pasar desa sebagai penguat ekonomi warga Desa Kedungturi, Bumdes Surya Sejahtera juga memiliki unit usaha lain yaitu unit usaha rental, yang fokus pada pemanfaatan aset desa yang bernilai ekonomi serta unit usaha kemitraan yang berbasis pengembangan para pelaku UMKM di desa.

Soal pendapatan pada tahun buku 2020 ini juga dibahas dalam RAT BUMDes Surya Sejahtera Kedungturi ini. Hasilnya, kinerja BUMDes Surya Sejahtera Kedungturi ini bisa dibilang mendapatkan hasil yang menggembirakan, yaitu terjadi peningkatan sumbangan untuk Pendapatan Asli Desa (PAD) sebesar Rp 58.400.000. Sedang pada tahun buku 2019, BUMDes Surya Sejahtera hanya bisa memberikan sumbangan ke PAD desa Rp 23.000.000. jadi ada peningkatan sebesar 150 %.

Zainul Millahi, Ketua Bumdes Surya Sejahtera, Kedungturi, Taman, Sidoarjo

Menurut Zainul Millahi, Ketua BUMDes Surya Sejahtera Kedungturi, peningkatan pendapatan BUMDes Surya Sejahtera tersebut berkat kerja maksimal berbagai unit usaha yang bernaung dalam payung usaha BUMDes Surya Sejahtera, terutama dari unit usaha UED Simpan Pinjam. Dukungan, penguatan dan efisiensi kelembagaan dalam manajemen BUMDes tersebut juga cukup signifikan berdampak pada peningkatan pendapatan BUMDes Surya Sejahtera.

Kepala Desa Kedungturi, Arifin sangat mengapresiasi kinerja BUMDes Surya Sejahtera yang sukses dalam meningkatan pendapatan. Sukses peningkatan pendapatan itu sebagai bukti bahwa kinerja BUMDes yang dikomandoi Zainul Millahi tersebut berjalan dengan baik.

“Peningkatan pendapatan BUMDes ini nantinya akan bermuara pada kesejahteraan warga Kedungturi secara keseluruhan. Dan bukan tidak mungkin BUMDes Surya Sejahtera ini akan menjadi Pioner dalam hal pelayanan ekonomi warga desa,” ujar Arifin, Kepala Desa Kedungturi bangga.

Hal serupa juga disampaikan Jatmiko, Pendamping Desa, juga mengapresiasi peningkatan pendapatan BUMDes Surya sejahtera yang cukup signifikan.

“Peningkatan pendapatan yang juga berdampak padan peningkatan sumbangan ke PAD desa patut untuk diapresiasi. Dan mudah- mudahan peningkatan pendapatan BUMDes tersebut juga akan diiringi peningkatan kesejahteraan warga Desa Kedungturi,” ujar Jatmiko yang pada malam hari itu juga hadir di Balai Desa Kedungturi.

Emil, pangilan karib Zainul Millahi mengungkapkan harapan dan dukungan Pemerintah Desa Kedungturi untuk unit unit usaha BUMDes Surya Sejahtera yang baru sehingga bisa eksis dan bermanfaat bagi warga masyarakat serta dapat menghasilkan profit yang bermanfaat untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Emil menambahkan, hal tersebut adalah lumrah karena BUMDes Kedungturi bukan hanya berorientasi profit semata, Namun juga sosial oriented. Seperti yang disampaikan dalam LPJ, banyak kegiatan sosial yang dilakukan BUMDes Surya Sejahtera seperti santunan anak yatim dan dhuafa, bedah rumah bagi warga kurang mampu serta layanan kesehatan bagi warga.

“Ini memang atensi tersendiri bagi BUMDes sebagai lembaga desa yang berorientasi profit dan sosial,” terang Emil. (mnr).

  • Bagikan