Penuhi Kebutuhan Gizi Warga Terdampak Covid-19, Rumah Dinas Bupati Gresik Dijadikan Posko Dapur Umum

  • Bagikan
Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani saat meninjau dapur umum di Rumah Dinasnya

Gresik | JATIMONLINE.NET,- Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani terus melakukan terobosan-terobosan guna mengatasi situasi pandemi covid-19 saat ini. Salah satunya dengan menjadikan rumah dinasnya sebagai posko dapur umum untuk menyediakan makanan siap saji bagi warga yang terdampak covid-19, terlebih bagi mereka yang sedang menjalani isolasi mandiri.

Usai membuka posko dapur umum di Pendopo Rumah Dinas Bupati pada Jum’at (30/7) sore, Wakil Bupati Aminatul Habibah bersama Bupati beserta istri ikut memasak di Dapur Umum Pendopo Gresik.

“Adanya dapur umum ini untuk pemenuhan gizi yang cukup dan seimbang bagi relawan, nakes maupun pasien ibu hamil dengan Covid 19”, katanya.

Dalam kesempatan itu Bu Min menjelaskan, bahwa total di hari pertama Jumat (30/7), ada 100 porsi yang didistribusikan ke pasien isoman, sejumlah puskesmas dan posko darurat Covid-19. Logistik itu dibagi tiap malam hari untuk makan malam. Lokasi pendistribusiannya berganti-ganti setiap hari.

“Satu porsinya berisi nasi, lauk protein hewani (Ayam saus Kecap dan pindang telur puyuh) dan protein nabati (nugget tempe) , sayur (capcay), buah (pisang), susu kotak dan air mineral”, tambahnya.

Dapur umum ini secara sukarela dibentuk oleh beberapa organisasi, antara lain, TP PKK Kab.Gresik, PC Fatayat NU Gresik, Persatuan Dokter Nahdlatul Ulama (PDNU ) Gresik, Ikatan Istri Dokter Indonesia (IIDI) kab Gresik, Forum Gresik Kabupaten Sehat (FGKS), Persatuan Ahli Gizi(Persagi) Kab.Gresik, Asosiasi Bank Sampah Gresik (ASBAG), Simpul Belajar GIRI(Gresik iso resik dan inovatif), Pramuka, Gabungan Organisasi Wanita(GOW) Gresik, Baznas Gresik dan Pattiro Gresik. (ams).

  • Bagikan