Pasuruan | JATIMONLINE.NET,- Anggota DPRD Kabupaten Pasuruan dalam pengajuan Pj. Bupati Pasuruan penganti Irsyad Yusuf Bupati Pasuruan Mengerucut ke satu nama, Nur Kholis Kepala Dians ESDM Provinsi Jawa Timur.

Nur Kholis merupakan ASN yang bertugas di Pemprov Jatim dan jabatannya adalah Kepala Dinas ESDM. Hal itu disampaikan Sudiono Fauzan dalam pertemuan dengan media di Pendopo Wisata Petik Mangga, Oro-Oro Ombo Kulon, Rembang, Pasuruan, Jumat, 4 Agustus 2023.

Usulan nama itu, kata Mas Dion, panggilan akrab Ketua DPRD Kabupaten Pasuruan itu merupakan usulan semua fraksi di DPRD. Diantara faksi itu adalah FKB, FPDI Perjuangan, F Gerindra, F Golkar, F Nasdem, FPPP dan FPKS, Hanura, Demokrat.

Dikatakannya, bahwa 7 Fraksi di DPRD telah sepakat mengusulkan satu nama, yaitu DR. Nur Kholis, S.Sos, M.Si, CIPA CIHCM, Kepala Dinas ESDM Pemprov Jatim, Sebagai pejabat PJ. Bupati Pasuruan dalam kurun waktu satu tahun dan bisa ditambah lagi bila ada usulan dari Dewan.

Dikatakan Mas Dion, dipilhnya Nur Kholis dikarenakan pertimbangan pengalaman kerja di birokrasi yang cukup senior. “Saya juga berharap bahwa Pj. Bupati itu bukanlah politisi. Namun seorang birokrat yang senior. Juga secara struktur posisinya lebih tinggi supaya punya power dan wibawa dalam memimpin pemerintahan di Kabupaten Pasuruan,” ujar Mas Dion.

Ditambahkan Mas Dion, dirinya sebagai Ketua DPRD punya kewenangan untuk mengusulkan calon penjabat Pj. Bupati. “Saya tidak mengganti ya maksudnya. Usulan teman-teman di dewan itu ya tetap kita hargai. Apakah saya akan mengajukan atau tepatnya menambah lagi calon penjabat Pj. Bupati, kita tunggu perkembangan ya sampai hari Senin ya,” ujarnya. (mnr).