Puluhan Aktifis Mahasiswa se-Sidoarjo Gelar Aksi Kamisan Menolak Lupa Terbunuhnya Aktifis HAM Munir

  • Bagikan
Aksi Kamisan di depan Monumen Jayandaru Sidoarjo

Sidoarjo | JATIMONLINE.NET,- Sejumlah 50 an Aktivis Mahasiswa se-Sidoarjo yang mengatasnamakan Aksi Kamisan melakukan Aksi Orasi di depan Monumen Jayandaru, Sidoarjo. Aksi dilakukan pada Kamis (17/09/2020) sore itu dijaga puluhan Satpol PP.

Bertajuk Kamisan, karena aksi dilakukan rutin tiap hari kamis dengan tema dan tempat yang berbeda. Pada aksinya kali ini para Mahasiswa mengusung tema “Menolak Lupa Dibunuhnya Munir”.

Bukan hanya orasi, Kegiatan itu dilakukan dengan sejumlah rangkaian acara, diantaranya diskusi, pembacaan puisi, pasar gratis, serta pembagian nasi bungkus dan buku bacaan kepada masyarakat. Aksi sore itu dimulai pukul 16.00 sampai selesai.

Pasar Gratis yang digelar dalam Aksi Kamisan

Arif Pi’i, Koordinator Lapangan pada aksi itu menjelaskan, bahwa tujuan kegiatan adalah untuk merawat ingatan tentang pelanggaran HAM yang sampai kini belum usai. “Pembunuh aktifis HAM Munir sampai kini belum pernah terungkap. Iniadalah bentuk keprihatinan kita,” ujar Aktifis PMII di Umsida Sidoarjo itu.

Pi’i menambahkan, kegiatan itu sekaligus sebagai edukasi historis kepada masyarakat, bahwa pelanggaran HAM masih banyak terjadi di negeri ini. Jangan sampai ini kemudian menjadi kesimpulan bahwa pelanggaran HAM berat yang telah terjadi sengaja dibiarkan menguap.

Ia berharap aksinya kali ini dapat menyadarkan masyarakat bahwa semua orang berhak mendapat keadilan. Kegiatan ini akan berlangsung sampai pemerintah peduli dan menyelesaikan pelanggaran HAM yang sudah sekian lama “tak terurus”. (uzi).

  • Bagikan