Resto Asap – Asap Hadirkan Menu Wagyu, Steak Daging Sapi Berkualitas Asal Jepang

Resto Asap-Asap yang selalu ramai pengunjung

Sidoarjo | JATIMONLINE.NET,- Setiap usaha harus terus melakukan inovasi supaya memunculkan penyegaran dan kreasi baru untuk terus “menyapa” konsumen atau pelanggan agar usaha itu tetap survive dan terus mengikuti perkembangan. Termasuk juga Resto Asap – Asap Sidoarjo. Kali ini, resto yang beralamat di Taman Pinang Sidoarjo ini mengahdirkan menu steak baru, namanya Wagyu.

Steak Wagyu atau daging Wagyu kerap kali muncul dalam menu-menu restoran berkelas. Lalu apa sebenarnya Wagyu itu sehingga resto-resto tertentu merasa perlu menghadirkan menu steak yang konon dagingnya itu dihadirkan dari sapi peternakan Jepang itu?

H. Muhammad Ali, akrab disapa Gus Ali, pemilik Resto Asap – Asap and Soup, Taman Pinang Sidoarjo ini menjelaskan bahwa nama Wagyu secara referensi itu berasal dari kata Wa yang artinya Jepang dan Gyu artinya peternakan,” Melansir dari True Aussie Beef, pengertian Wagyu itu pada dasarnya mengacu pada beberapa jenis ternak sapi yang pada awalnya dikembangkan di negeri Jepang.

H. Mohammad Ali, pemilik Resto Asap – Asap and Soup Sidoarjo (berkopyah) bersama koleganya, Lutfi Rahman, pemilik warung sate Sidoarjo

Jika dimakan, Steak Wagyu ini rasanya nikmat dan jusie (empuk). Ciri- ciri daging Wagyu ini, kata Gus Ali, warnanya agak pink. “Soal Wagyu ini khusus daging dari sapi yang asalnya dari peternakan Jepang. Tapi kemudian dikembang biakkan di Indonesia. Dan yang jelas, Steak Wagyu ini halal karena sapi jenis Wagyu yang dijual ke kita ini disembelih dengan cara yang syar’i,” terang Gus Ali.

Gus Ali menjelaskan lebih dalam soal aneka steak. Ditegaskannya, Steak Wagyu itu dari jenis sapinya yang khusus dari peternakan sapi Jepang asalnya. Sedangkan pada jenis steak steak yang lain, dari sapi kebanyakan sapi pada umumnya. “Ada steak itu yang diambil daging iganya. Ada yang diambil buntutnya untuk steak. Tapi di Asap – Asap ini, buntut sapi untuk menu Soup. Ada juga dagiing serlo untuk steak. Serlo itu daging yang diluar. Ada juga tender atau daging khas dalam untuk steak. Ada juga daging Lang untuk steak. Nah, untuk Steak Wagyu itu khusus jenis sapinya, yaitu asalnya dari sapi peternakan di Jepang,” terang Gus Ali.

Steak Wagyu, menu baru Resto Asap – Asap Sidoarjo

Steak Wagyu di Asap-Asap ini dibanderol dengan harga Rp 85000/porsi, dengan ketentuan meltique 200 gram daging semua. Menu steak Wagyu ini terbilang baru di Asap Asap. Dilounching awal lebaran kemarin. Meskipun begitu, saat ini steak Wagyu sudah bisa melayani 15 porsi perhari.

“Steak Wagyu ini memang membidik pasar kelas menengah keatas, karena itu harganya lumayan mahal perporsinya. Dibanding dengan aneka steak yang lain, steak Wagyu ini dikenal jusie atau empuk dagingnya. Dan insya Allah steak Wagyu ini nanti akan kita kenalkan di Q5 Steak,” pungkas Gus Ali. (mnr).