Tampilkan Gambar Pancasila & 5 Pilar Kebangsaan di Tiap Store, Q5 Steak Ingatkan Pentingnya Amalkan Pancasila

Gambar Pancasila & 5 Pilar Kebangsaan yang selalu di pasang di tiap Store Q5 Steak

Sidoarjo | JATIMONLINE.NET,- Resto Q5 Steak memang berbeda dengan warung pada umumnya. Di Resto Q5 Steak ini, pemilik Q5 Steak senantiasa memasang gambar Pancasila & 5 Pilar Kebangsaan. Sepintas memang ada kesamaan dari balik angka limanya. Karena itu kemudian Owner Q5 Steak memasang gambar Pancasila dengan lima silanya juga gambar lima Pilar Kebangsaan disetiap Store Q5 Steak.

Owner Q5 Steak, H. Mohammad Ali (akrab disapa Gus Ali) menuturkan, jika ada yang mengatakan memasang gambar Pancasila & lima Pilar Kebangsaan di tiap Store Q5 Steak adalah kebetulan, ya tidak apa-apa jika ada yang mengatakan itu.

“Ataupun kalau ada yang bilang itu otak Atik gatuk, ya juga tidak apa-apa. Namun yang lebih penting adalah kita melalui media warung itu berusaha mengingatkan pentingnya bagi setiap warga negara untuk senantiasa mengamalkan nilai-nilai Pancasila salam kehidupan berbangsa maupun bernegara,” terang Gus Ali memulai pembicaraan.

Adapun yang lima Pilar Kebangsaan dalam gambar yang senantiasa dipasang di Store Q5 Steak itu adalah 1. Pancasila, 2. Bhineka Tunggal Ika, 3. NKRI, 4. UUD 1945 dan 5. Sumpah Pemuda.

Gus Ali, Owner Q5 Steak yang selalu ramah pada setiap orang

Gus Ali merespon fenomena dalam kehidupan bermasyarakat terkait beberapa orang yang senantiasa teriak-teriak “Aku Pancasila”. Menurutnya, yang demikian itu justru akan mendegradasi nilai-nilai luhur Pancasila karena kata-kata tersebut bisa bermakna bahwa dirinya (maksudnya orang yang teriak-teriak itu) mengklaim dirinya atau kelompoknya paling Pancasila, sedangkan orang lain atau kelompok yang lain dianggapnya tidak Pancasila.

Menurut Gus Ali, jika kita bisa menjaga persahabatan dan menjaga toleransi, itu berarti orang tersebut sudah mengamalkan Pancasila. “Jadi tidak perlu diteriak-teriakkan Aku Pancasila. Kamu tidak Pancasila. Itu malah mendegradasi nilai-nilai Pancasila. Yang terpenting itu, nilai-nilai luhur Pancasila itu harus kita amalkan dalam kehidupan sehari-hari dalam berbangsa dan bernegara,” tutur Gus Ali.

Gus Ali menambahkan, pengamalan nilai-nilai luhur Pancasila itu terapkan sehari hari, termasuk dalam mengelola warung Q5 Steak itu “Ada semangat persatuan, ada semangat musyawaroh. Ada semangat bagaimana saling mencintai sesama manusia. Nilai-nilai Pancasila itu kita mengelola restoran kami. Juga bagaimana mengahadirkan konsep keadilan itu bisa diterima kepada pihak-pihak terkait Q5 Seak. Misalkan pada investor, pada karyawan dan lain-lain. Jadi sebenarnya, prinsip-prinsip dan nilai nilai didalam Pancasila itu sudah kita amalkan dalam menata prinsip-prinsip usaha yang kami operasionalkan,” ujar Gus Ali.