4 Bulan Tidak Dibangun, Warga Desa Sumbersuko, Gempol Pasuruan Swadaya Bangun Jembatan Darurat

  • Bagikan
Jembatan darurat yang dibangun warga Desa Sumbersuko, Gempol, Pasuruan

Pasuruan | JATIMONLINE.NET,- Lama terputus karena diterjang banjir bandang pada Maret lalu, jembatan penghubung Desa Sumbersuko, Kecamatan Gempol, menuju Desa Tawangrejo, Kecamatan Pandaan, Kabupaten Pasuruan, kini bisa dilewati. Hanya saja jauh berbeda dengan jembatan sebelumnya.

Jembatan yang ada saat ini bukanlah jembatan beton, tapi hanya jembatan bambu kecil yang terkesan seadanya. Benar saja, karena jembatan itu adalah buatan warga sendiri.

Lokasi jembatan pun tak jauh dari lokasi jembatan yang runtuh sebelumnya, hanya berjarak tak lebih dari 30 meter. Jembatan kecil itu lebarnya 1 meter dan panjangnya 25 meter. Hanya bisa dilewati pejalan kaki dan sepeda motor.

”Jembatan ini penting bagi warga, kalau tidak ada maka akan memutar jauh. Makanya gotong royong warga membangun jembatan seadanya ini,” jelas Rokim, warga Dusun Ngipik, Desa Sumbersuko, Kecamatan Gempol.

Rokim menambahkan, warga merasa butuh dengan jembatan itu. Karena belum ada kabar pasti kapan akan dibangun lagi, maka warga berinisiatif membangun jembatan kecil tersebut.

“Kalau mobil tetap harus memutar, karena jembatan tidak bisa dilewati mobil. Ambrul lagi kalau dilewati mobil,” pungkas Rokim sambil terkekeh. (anto).

  • Bagikan