Berpotensi Diterpa Gempa dan Tsunami, Pemkab Malang Siapkan Langkah Antisipasi Kemungkinan Terburuk

  • Bagikan
PJS (Penjabat Sementara) Bupati Malang, Sjaichul Ghulam

Malang | JATIMONLINE.NET,- Ramainya pemberitaaan potensi tsunami yang diprediksi akan terjadi di Jawa Barat dan Jawa Timur terus menjadi pembahasan di media sosial maupun pemberitaan di media online maupun cetak.

Di Jawa Timur, Kabupaten Malang adalah salah satu tempat yang diduga paling dekat dengan lokasi yang diprediksi akan terjadi tsunami, karen Kabupaten Malang merupakan lokasi pantai selatan.

Informasi yang bermula dari Tim riset Institut Teknologi Bandung (ITB), yang telah merilis hasil riset yang menyebutkan jika sepanjang pantai selatan Jawa Barat dan Jawa Timur berpotensi digulung gelombang tsunami 20 meter dan 12 meter.

PJS (Penjabat Sementara) Bupati Malang, Sjaichul Ghulam mengatakan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang telah siap dengan segala kemungkinan terburuk.

“Kabupaten Malang ini, sudah ada berita banjir, longsor dan sebagainya. Jika terjadi kejadian tsunami kita akan kumpulkan OPD yang khusus menangani hal seperti itu di lapangan,” terangnya usai rapat daring tentang kesiapsiagaan bencana tsunami bersama Gubernur Jawa Timur pada Selasa (29/09/2020) di Pendopo Agung Kabupaten Malang.

“Apapun yang terjadi di Kabupaten Malang ini kami telah menyiapkan langkah antisipasi,” tambahnya.

Pada kesempatan yang sama, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Malang, Wahyu Hidayat menghimbau agar warga masyarakat tidak risau. “Kita menghimbau pada masyarakat agar tidak terlalu risau dan gelisah, karena itu masih potensi dan bukanlah prediksi” katanya.

Wahyu mennambahkan, apa yang disampaikan tim riset ITB sebenarnya adalah potensi bukanlah prediksi. “Masih potensial dan bukanlah prediksi, sudah dijelaskan oleh Ibu Gubernur semoga saja tidak terjadi. Tapi seandainya terjadipun, kita sudah siapkan antisipasi. Dinsos sudah ada KSB (Kampung Siaga Bencana), BPBD juga sudah punya early warning system,” tegasnya.

Bila prediksi itu benar terjadi, ada total 19 desa di Kabupaten Malang yang berpotensi terdampak. “Sebenarnya semua pantai selatan berpotensi, di Kabupaten Malang ini, total ada 19 desa di 6 kecamatan,” sambungnya lagi.

Dalam rangka mengantisipasi, jalur pengungsian sudah disiapkan di masing-masing desa. (san).

  • Bagikan