Giliran Orang Dengan Gangguan Jiwa, Disabilitas, Difabel Jadi Target Vaksinasi di Surabaya

  • Bagikan
Vaksinasi massal Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ), penyandang disabilitas, dan anak difabel di Liponsos Surabaya. (Foto: Humas Pemkot Surabaya).

Surabaya | JATIMONLINE.NET,- Hari ini, Jum’at (06/08/2021), bertempat di halaman Lingkungan Pondok Sosial (Liponsos) Keputih, Surabaya digelar vaksinasi massal. Digelar Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya, kali ini menyasar kelompok Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ), penyandang disabilitas dan anak difabel.

Wali Kota Eri Cahyadi saat meninjau pelaksanaan vaksinasi itu mengatakan, vaksinasi kali ini dikhususkan untuk ODGJ yang menghuni Liponsos, masyarakat sekitar yang merupakan penyandang disabilitas dan difabel. Vaksin yang diberikan untuk ODGJ adalah sinovac dosis pertama. Sedang bagi disabilitas dan anak difabel, menerima vaksin sinopharm dosis pertama.

“Hari ini kita vaksinasi untuk ODGJ, yang kedua untuk penyandang disabilitas dan anak difabel. Untuk saudara-saudara kita yang disabilitas sudah kita berikan vaksin sinopharm. Tadi ada sekitar 10 orang penyandang disabilitas yang sudah divaksin di sini,” jelas Wali Kota Eri.

Pengganti Risma itu menjelaskan, vaksinasi untuk ODGJ masih akan terus dilakukan. Karena, belum semua ODGJ menerima vaksin.

“Belum semua tervaksin. Sambil menunggu vaksin, sinovac dosis kedua sudah habis. Insya Allah kalau sudah ada kita akan lakukan vaksinasi dosis kedua untuk ODGJ,” pungkasnya.

Dari data yang tercatat pada Pemkot Surabaya, masih ada 700 anak difabel yang belum tervaksin. Akan tetapi berdasar data dari YPAC, terdapat 4 ribu anak yang belum tervaksin. (man).

  • Bagikan