Gunung Semeru Meletus, Muntahkan Awan Panas Hingga Sejauh 4,5 Kilometer

  • Whatsapp
Tampak gumpalan awan panas yang keluar dari puncak Gunung Semeru di Lumajang, Jawa Timur pada Sabtu (16/1/2021). Foto; istimewa

Lumajang | JATIMONLINE.NET,- Masyarakat di Kabupaten Lumajang dikagetkan dengan meletusnya Gunung Semeru. Pada Sabtu (16/1/2021), sore pukul 17.48 WIB, gumpalan asap terlihat dengan jelas dari kejauhan. Gunung api aktif itu memuntahkan awan panas hingga jarak sekitar 4,5 kilometer (km).

Dalam cuitan akun twitter-nya, Bupati Lumajang Thoriqul Haq mengatakan, saat ini, Gunung Semeru masih mengeluarkan awan panas. Titik awan panas berada di sekitar Sumber Mujur dan Curah Koboan.

Bacaan Lainnya

“Sore ini, jam 17.24 Gunung Semeru mengeluarkan awan panas. Dengan jarak 4.5 kilo. Daerah sekitar Sumber Mujur dan Curah Koboan, saat ini menjadi titik guguran awan panas,” kata Bupati Lumajang Thoriqul Haq dalam cuitan di akun Twitter-nya.

Dalam rilisnya pada website bnpb, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), menjelaskan saat ini Gunung Semeru masih berada pada level II atau ‘Waspada’ dan sedang melakukan evaluasi lebih lanjut.

Masyarakat yang bermukim di sekitar Desa Sumber Mujur dan Desa Curah Koboan dan sekitarnya dihimbau agar waspada dalam menghadapi potensi bencana yang dapat terjadi.

Khususnya masyarakat di sekitar Daerah Aliran Sungai (DAS) Curah Kobokan, apalagi intensitas curah hujan yang tinggi, hal itu dapat memicu terjadinya banjir lahar dingin.

Hingga siaran pers ini diturunkan, tim gabungan lintas Kementerian/Lembaga masih dalam proses pengembangan informasi dan belum ada laporan adanya korban jiwa atas peristiwa tersebut. (min).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *