Keren, Kota Surabaya Bakal Memiliki Museum Olahraga

  • Bagikan
Nampak Pemandangan di salah satu spot di Museum Olahraga Surabaya. Foto; istimewa.

Surabaya | JATIMONLINE.NET,- Satu lagi kebanggaan yang akan segera dimiliki warga Kota Surabaya. Di Kota Pahlawan itu akan segera diresmikan Museum Olahraga.

Museum Olahraga Surabaya itu berada di Jalan Padmosusastro. Dan akan diresmikan Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini, pada Rabu, 23 Desember 2020 nanti.

Bangunan Museum terdiri dari dua lantai seluas 600 meter persegi. Pengerjaan bangunan museum tersebut memakan waktu lima bulan sejak Bulan Juli 2020. Sedangkan anggaran pembangunannya mencapai Rp3 miliar.

Menurut Iman Kristian, Kepala Bidang Bangunan dan Gedung Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman, Cipta Karya dan Tata Ruang (DPRKP-CKTR) Kota Surabaya, bangunan museum sudah selesai, sekarang ini sudah masuk pada tahap penyempurnaan.

“Museum nantinya akan diresmikan bu Wali Kota. Proses pengerjaan sudah selesai semua, baik itu bangunan maupun koleksi yang ada dalam museum,” katanya pada Senin (21/12/2020).

Iman mennambahkan, koleksi di museum olahraga itu mencapai 232 koleksi. Yang berasal dari sumbangan para atlet olah raga yang berasal dari Surabaya. Harapannya museum akan lebih berkembang dengan koleksi-koleksi yang akan bertambah terus.

“Nantinya akan disediakan juga fasilitas khusus untuk difabel. Karena anggaran pada tahun ini terbatas, fasilitas lift untuk difabel masih belum tersedia, dan akan kita sediakan pada tahun depan,” tambahnya.

Menurut panuturan lanjutan Iman, Museum itu dulunya adalah Gelora Pancasila. Kemudian oleh Pemkot Surabaya dialihfungsikan menjadi Museum Olahraga.

Karena Gelora Pancasila terdiri dari beberapa bangunan, maka konsep pembangunan museum memang menyatukan beberapa bangunan. Pemkot merencanakan menjadi satu kawasan besar.

“Sebagian gedung memang dibongkar, tapi ada yang kita pertahankan dan dijadikan museum olahraga. Tempat parkirnya pun terpusat di lahan parkir Gelora Pancasila. Nantinya bakal dibangun gedung parkir baru,” pungkasnya. (man).

  • Bagikan