Kompensasi Tak Jelas, Warga Desa Banjarbendo, Sidoarjo Demo Pengembang Grup Sun City

  • Bagikan
Lokasi Tanah yang diurug

Sidoarjo,- Sejumlah kurang lebih 50 orang warga RT.05 dan beberapa RT lain di Dusun Banjarbendo, Desa Banjarbendo, Kecamatan Sidoarjo, Kabupaten Sidoarjo, mendatangi lokasi pengurugan yang dilakukan oleh PT. PURNAMA INDO INVESTAMA (PII).

Warga tersebut mendatangi lokasi pengurugan untuk melakukan aksi demo pada anak perusahaan yang tergabung dalam Sun City Grup tersebut. Mereka mempertanyakan kejelasan kompensasi. Karena pengurugan sudah berlangsung lama.

Peserta Demo Warga Desa Banjarbendo, Sidoarjo

PII selaku pengembang selama ini melakukan pengurugan pada lahan seluas kurang lebih 13 hektar, yang pada papan nama akan dijadikan perumahan. Karena lokasi yang berjarak sekitar 3 km dari jalan raya, maka akses jalan truk-truk besar bermuatan pasir melewati jalan dusun.

Dengan akses jalan terbatas (kecil), namun kendaraan yang dipakai untuk mengurug tanah adalah dam truck, maka menimbulkan debu dan kebisingan yang cukup mengganggu. Hal itulah yang kemudian mengundang kegeraman warga RT.05 di Dusun Banjarbendo tersebut.

Menurut penuturan salah satu peserta demo Ihwan Amin, warga demo karena tidak jelasnya kompensasi pada warga terdampak pengurugan yang dilakukan oleh pengembang.

“Warga ingin mempertanyakan soal kejelasan kompesasi. Warga sempat mendengar ada kompensasi yang dititipkan melalui Ketua RT.05, tapi warga tidak pernah diajak musyawarah langsung. Makanya kemudian warga menolak,” kata Ihwan.

Sementara itu Pjs. Kepala Desa Banjarbendo Ashari saat dihubungi via telpon selulernya menjelaskan bahwa tidak ada demo tadi pagi.

Ashari
Pjs. Kepala Desa Banjarbendo

“Hanya kumpul saja mas, minta difasilitasi. Nanti mlm kita fasilitasi ketemu dengan pihak PT. Sebetulnya RT.05 kan jauh dari lokasi, tidak terdampak langsung. Tapi mereka minta diajak musyawarah dan ketemu pihak PT. Ya sudah nanti kita fasilitasi. Kondisi sekarang kan susah juga kumpul-kumpul mas, serba salah saya. Nanti saya kena tegur,” keluh Pak Ashari.

Sebagai informasi, lahan tersebut ternyata sudah ditawarkan dan diiklankan dengan nama Perumahan Mutiara City. Kita akan mudah menemukannya di you tube.

Menurut iklan PT. Purnama Indo Investama, Perumahan akan dilengkapi dengan berbagai fasilitas mewah, seperti Mall, Mini Golf, Kids Play Ground, Kolam Renang, dll. Harga termurah yang ditawarkan mencapai Rp 550 jt. (uzi).

  • Bagikan