Kunjungi Surabaya, DPRD Provinsi Bali Belajar Kelola Sampah

  • Bagikan

Surabaya,- Walikota Surabaya Tri Rismaharini menerima DRPD Provinsi Bali. Pada kungjungan itu, DPRD Provinsi Bali membawa tanaman bibit bambu Bali yang diserahkan langsung Ketua DPRD, I Nyoman Adi Wiryatama pada, Kamis (27/02/2020).

Bibit bambu sejumlah 400 batang itu, kemudian dibawa ke Taman PUPR, Jalan Keputih, Sukolilo Surabaya untuk ditanam.

Menurut Risma, bambu yang diberikan tersebut manfaatnya sangat banyak. Salah satunya adalah dapat menambah sumber mata air baru. Biasanya mata air akan muncul disekitar tanaman bambu.

“Jadi kenapa bambu yang kita tanam itu bisa bermacam-macam jenis. Kelak semoga akan jadi mata air di Surabaya. Manfaat lainnya, oksigen juga lebih bagus,” kata Risma pada acara penanaman.

Seusai acara penanaman, Risma bersama rombongan bertolak menuju Rumah Kompos di Taman Flora Bratang, Surabaya. Rombongan DPRD Provinsi Bali melihat pengelolaan limbah sampah yang dilakukan Pemkot Surabaya.

Ketua DPRD Provinsi Bali, I Nyoman Adi Wiryatama mengaku kagum dan mengapresiasi perkembangan Surabaya yang pesat, terutama pada aspek penghijauan dan pengelolaan sampah.

“Surabaya di bawah Kepemimpinan Bu Risma ini luar biasa. Surabaya sangat gencar membuat taman. Tempat sampah 50 hektare ini saja hampir semuanya hijau,” kata sosok yang akrab dipanggil Adi itu.

Adi berharap, spesies tanaman yang belum ada di Surabaya dapat dipenuhi dari Bali. Sebaliknya, yang tidak ada di Bali akan dapat ditemukan di Surabaya, khususnya pengelolaan sampah.

“Terus terang memang kita agak terlambat dalam upaya mengelola sampah, keduluan masalahnya dari pada kita berfikir. Tapi semoga dari Surabaya bisa menyelesaikan itu apalagi sampah di Surabaya ini malah bisa jadi energi listrik,” pungkas Adi. (man).

  • Bagikan