Pelantikan DPD AGPAII Kabupaten Sidoarjo, Pesan Ketua; “Kerja Bersama dan Sama-sama Bekerja”

  • Bagikan

Sidoarjo | JATIMONLINE.NET,- Asosiasi Guru Pendidikan Agama Islam Indonesia (AGPAII) menggelar kegiatan pelantikan Dewan Pengurus Daerah (DPD) AGPAII Kabupaten Sidoarjo masa bakti 2017-2022, bertempat di Pendopo Delta Wibawa Sidoarjo, Sabtu pagi (15/08/2020).

Pelantikan Pengurus daerah AGPAII Kabupaten Sidoarjo turut hadir Plt. Bupati Sidoarjo H. Nur Ahmad Syaifuddin, Kepala Kemenag Kabupaten Sidoarjo, Kepala Dispendikbud Kabupaten Sidoarjo, serta Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) Se-Kabupaten Sidoarjo, menyaksikan pelantikan yang dipimpin oleh Ketua Dewan Pengurus Wilayah Asosiasi Guru Pendidikan Agama Islam Indonesia (DPW AGPAII) Jatim, M. Ghozali, S.Ag yang dilanjutkan dengan penandatangan berita acara pelantikan.

Pelantikan Pengurus Daerah Guru Pendidikan Agama Islam Indonesia (DPD AGPAII) Kabupaten Sidoarjo sebanyak 30 Pengurus yang di nahkodai Drs. H. Mifta M.Pd.I.

Dalam sambutannya Plt. Bupati Sidoarjo, Nur Ahmad Syaifuddin dalam Sambutannya mengucapkan selamat atas dilantiknya pengurus DPD AGPAII yang baru, serta mengingatkan bahwa peran Guru Pendidikan Agama Islam sangat diperlukan dalam mengembangkan moral keagamaan siswa yang saat ini hampir terlupakan.

Dalam dunia pendidikan formal, guru sangat memegang peranan penting dalam mencerdaskan anak bangsa. Selain mengajar, mendidik, dan membina akhlak, guru juga sebagai teladan bagi siswanya serta menjadi orang tua kedua yang mendidik siswa di sekolah. Sehebat apapun tekhnologi tanpa peran seorang Guru maka teknologi tidak ada artinya. Pesan sosok yang kerab disapa Cak Nur itu.

Cak nur berharap kepada pengurus yang baru bisa amanah dalam menjalankan tugasnya serta mampu memberikan peran positif dalam pembangunan Pendidikan di daerah Sidoarjo.

”Saya berharap dalam menjalankan tugasnya dapat berbagi peran dengan organisasi guru lainya dan senantiasa bekerja sama, berkoordinasi dengan leading sektornya agar programnya tepat sasaran serta menghasilkan output yang maksimal,” jelasnya.

Ketua DPW AGPAII Provinsi Jawa Timur, M. Ghozali dalam sambutannya mengingatkan kembali. “Enam Pilar AGPAII diantaranya silaturahmi, jaringan, nilai-nilai AGPAII, ideologi (menanamkan Islam yang Rahmatan Lill Allamin dan Pancasila), kerja bersama dan sama-sama bekerja, serta figur,” Ucapnya

Tujuan utama di dirikan AGPAII, yaitu sebagai rumah besar guru Agama yang didalamnya ada guru Agama mulai dari TK, SD, SMP, SMA, SMK dan pengawas. Sekaligus untuk menguatkan Indonesia yang beragam, menguatkan ideologi Pancasila dan Islam Rahmatan Lill Alamin serta seterusnya menguatkan profesionalisme guru-guru Agama.

“Segera mungkin melakukan tugas-tugas yang direncanakan sebelumnya. Juga berkontribusi terhadap pendidikan siswa di Kabupaten Sidoarjo,” ungkapnya.

“Guru PAI harus segera berkiprah sesuai di unit masing-masing, dengan membangun sinergitas kepada semua lembaga pemerintah atau swasta dalam kerangka memberikan layanan pada peningkatan profesialisme dan advokasi guru-guru agama,” harapnya. (Ries)

  • Bagikan