Ratusan Warga Kletek, Taman, Sidoarjo, Demo Pabrik Tepung Bulu Ayam

  • Bagikan
Unjuk Rasa warga Desa Kletek, Taman, Sidoarjo di Pabrik Pengolahan Tepung Bulu Ayam

Sidoarjo,- Warga Desa Kletek RT.08 RW.04 Kecamatan Taman, Kabupaten Sidoarjo, melakukan aksi unjuk rasa di depan kantor Balai Desa setempat, pada Kamis (16/07/2020). Massa menuntut usaha pengolahan bulu ayam yang ada di Desa tersebut untuk dihentikan dan dibongkar.

Pabrik yang berdiri sejak tahun 1990 itu pada awalnya hanya menjual bulu ayam saja. Namun pada tahun 2016, pemilik mengembangkan usahanya menjadi pengolahan tepung.

Usaha pengolahan tepung itulah yang membuat warga merasa terganggu dengan bau busuk yang ditimbulkan. “Apalagi proses pembakarannya dengan menggunakan batu bara,” ungkap Agus Hariyono, Ketua RW.04 Desa Kletek.

Sosok yang akrab dipanggil Agus itu menambahkan, bahwa limbah dari pabrik juga dibuang ke saluran irigasi hingga membuat warna air menjadi keruh dan berbau. “Karena itulah yang kemudian membuat warga resah,” ucapnya.

Setelah beberapa saat berunjuk rasa, antara pemilik usaha dengan warga dilakukan mediasi yang disaksikan Kades Kletek, Kapolsek Taman, Bhabinkamtibmas, Babinsa, yang juga kebetulan hadir Kapolresta Sidoarjo.

Proses Mediasi di Balai Desa Kletek

Camat Taman Ali Sarbini mengatakan, pihaknya sebenarnya sudah berniat membongkar usaha tersebut, namun sampai saat ini belum bisa terealisasi. “Usaha pengolahan tepung ini memang tidak berizin dan harus dibongkar,” tegas Sarbini.

Sebelum proses mediasi di Balai Desa Kletek, warga telah melakukan unjuk rasa di depan pabrik. Antara warga dan pemilik usaha juga sudah melakukan pembicaraan di Mapolsek Taman. Bahkan, para warga juga sudah menyampaikan aspirasinya ke DPRD Jatim dan Sidoarjo. (bg).

  • Bagikan