Rotasi di Kapolres Kabupaten Malang dan Kapolresta Malang Kota, Berikut Profil dan Prestasinya

  • Bagikan
Kapolresta Malang Kota yang baru AKBP Budi Hermanto

Kota Malang | JATIMONLINE.NET,- Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) Jendral Pol Listyo Sigit kembali melakukan rotasi dan mutasi sejumlah perwira dan perwira menengah di lingkungan Polri.

Rotasi berdasarkan surat telegram Kapolri nomor ST/1126/V/ KEP/2021 tertanggal 1 Juni 2021 itu termasuk di wilayah Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Timur, termasuk diantaranya adalah Kapolresta Malang Kota dan Kapolres Malang.

Untuk Kapolresta Malang Kota, Kombes Pol Leonardus H. Simarmata akan bertugas di Bareskrim Polri sebagai Pemeriksa Utama Puslabfor. Jabatan Kapolresta Malang Kota akan diisi oleh AKBP Budi Hermanto, yang sebelumnya menjabat sebagai Wadirreskrimsus Polda Kalimantan Selatan.

Sementara itu, AKBP Hendri Umar yang sebelumnya sebagai Kapolres Malang, kini diangkat sebagai Pamen Divkum Polri. Dan Kapolres Malang akan dijabat oleh AKBP Raden Bagoes Wibisono Handoyo Koesoemah, yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolres Madiun.

Sebagai informasi, AKBP Hendri Umar, menjabat Kapolres Malang mulai tahun 2020. Kala itu AKBP Hendri Umar menggantikan AKBP Yade Setiawan Ujung yang menjadi Wakapolrestabes Bandung.

Selama setahun di Kabupaten Malang banyak prestasi yang telah diraih AKBP Hendri Umar, mulai dari pelayanan kinerja yang meningkat, ungkap kasus, inovasi pelayanan publik hingga berbagai penghargaan atas capaian selama satu tahun menjabat sebagai Kapolres Malang.

Sedangkan, Penggantinya yaitu AKBP Raden Bagoes Wibisono Handoyo Koesoemah, yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolres Madiun, juga banyak prestasi yang telah diraih sebelumnya.

Bahkan, AKBP Raden Bagoes Wibisono Handoyo Koesoemah, dikenal dengan sebutan Polisi ‘Gaul’ karena pernah menorehkan sejumlah prestasi. Diantaranya, tanda kehormatan Satya Lancana Operasi Kepolisian tahun 2019 dan Satya Lencana Bhakti Buana tahun 2019.

AKBP Raden Bagoes Wibisono Handoyo Koesoemah juga pernah mendapatkan penghargaan atas keberhasilannya ungkap kasus peredaran narkotika sebanyak 288 Kilogram Sabu yang berasal dari Iran di Tangerang pada awal tahun 2020.

Polisi ‘Gaul’ itu makin menjadi buah bibir kala mempersunting Polwan berparas cantik Briptu Eka Ftestya Yulianti pada 3 Mei 2014. Briptu Eka Ftestya Yulianti sempat menjadi presenter National Traffic Management Center (NTMC) Polri.

Untuk Kapolresta Malang Kota yang baru yaitu AKBP Budi Hermanto sudah tidak asing bagi warga Malang. Pemilik sapaan Buher ini pernah menjabat Kapolres Batu pada tahun 2017 dan melanjutkan kariernya menjadi Kapolres Blitar pada 2019.

Buher selama di Batu menjadi sosok yang sukses meluncurkan beberapa program, salah satunya adalah Polisi Wisata.

Posisi Wakapolresta Malang Kota, yang sebelumnya dijabat oleh AKBP Totok Mulyanto akan digantikan AKBP Deny Heryanto (mantan Wakapolresta Surakarta).

AKBP Totok akan menempati posisi barunya sebagai Kabagwassidik Ditresnarkoba Polda Jatim. (zhr).

  • Bagikan