Viralnya Kabar Surabaya Masuk Zona Kuning Virus Corona Adalah Hoax

  • Bagikan
Muhammad Fikser Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominnfo) Surabaya

Surabaya,- Sebelumnya di Surabaya dan sekitarnya, beredar pesan viral di WhatsApp terkait 6 kota yang masuk dalam zona kuning corona termasuk surabaya.

Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya memastikan info tersebut hoax. Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Surabaya Muhammad Fikser menegaskan, Dinas Kesehatan Surabaya telah berkoordinasi dengan Kemenkes RI menyikapi pesan berantai tersebut dan memastikan info tersebut hoax.

“Saya berkoordinasi dengan dr Feny (Febria Rachmanita Kepala Dinas Kesehatan, red), beliau sudah berkoordinasi dengan Kemenkes, bahwa pesan viral di WhatsApp ini adalah tidak benar alias hoax,” ujar Fikser pada Sabtu (29/02/2020).

Sempat beredar juga data belasan warga Surabaya yang diperiksa di Puskesmas Tanjungsari adalah merupakan standar pemeriksaan yang dilakukan kepada warga yang baru pulang dari beberapa negara yang terdampak virus corona.

“Beredarnya lampiran data pemeriksaan adanya beberapa nama di Puskesmas Tanjungsari, yang kebetulan juga viral, itu adalah pemeriksaan warga yang baru saja datang dari negara yang terdampak virus corona. Pemeriksaan itu merupakan standar, setiap Puskesmas melakukan itu,” jelasnya.

Mereka adalah warga Surabaya yang baru saja pulang dari negara terdampak virus corona yaitu Malaysia, Singapura, Australia, dan Dusseldorf Jerman.

Pemkot Surabaya menegaskan, pemeriksaan itu sesuai SOP dan dilakukan di seluruh Puskesmas di Surabaya. Dan hal tersebut adalah hal yang wajar saja, tak perlu disimpulkan apalagi dibumbui yang berakibat pada resahnya masyarakat. (man).

  • Bagikan