Ansor Banser Sidayu Gresik Lakukan Ziarah dan Napak Tilas Perjuangan Santri

  • Bagikan
Ansor Banser Sidayu, Gresik saat lakukan ziarah

Gresik | JATIMONLINE.NET,- Bulan oktober merupakan bulan yang penuh sejarah bagi kalangan para ulama’, santri, utamanya warga Nahdliyin. Tepat 76 tahun lalu terjadi resolusi jihad yang yang diserukan oleh KH. Hasyim Asyari sebagai Rois Akbar Nahdlatul Ulama’ untuk mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Momen itulah yang kemudian mendasari ditetapkannya tanggal 22 Oktober sebagai Hari Santri Nasional.

Gerakan pemuda Ansor serta Barisan Ansor Serba guna (Banser) Kecamatan Sidayu, Kabupaten Gresik turut ambil bagian untuk memperingati momen tersebut dengan mengadakan kegiatan ziarah dan napak tilas perjuangan santri, pada Kamis (21/10) sore.

Kegiatan Ziarah dan tabur bunga diawali di makam Adipati Soerjoadiningrat (Bupati Sidayu) yang berada dikomplek Masjid besar kanjeng sepuh sidayu. Kemudian, dilanjutkan ziarah ke makam KH. Faqih Maskumambang (Wakil Rois Akbar NU) di komplek makam umum kecamatan Dukun.

Hamam Nasiruddin, ketua Ansor Sidayu dalam kesempatan itu mengatakan bahwa kegiatan ini selain sebagai bagian dari program kerja organisasi juga sebagai upaya agar generasi muda tidak melupakan sejarah perjuangan para ulama, santri, dan para syuhada’ dalam merebut dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

  • Bagikan