Inilah 5 Potret Perubahan Besar Kota Surabaya Dari Masa ke Masa

  • Bagikan
Perubahan Kota Surabaya dari Masa ke Masa

Surabaya | JATIMONLINE.NET,- Menyandang gelar sebagai kota terbesar ke-2 setelah Jakarta, memang tak mudah bagi Surabaya. Akan tetapi kini banyak perubahan besar yang terjadi di Kota Pahlawan itu. Perubahan positif yang kemudian banyak melahirkan kebanggaan, bukan hanya bagi warga asli Surabaya. Surabaya dulunya dikenal gersang dan panas, bahkan sampai masuk dalam sebuah lagu yang diciptakan oleh Franky Sahilatua, jelas dalam liriknya berbunyi :

Berjalan di bawah lorong pertokoan
Di Surabaya yang panas
Debu-debu ramai beterbangan
Di hempas oleh bis kota

Akan tetapi kini Kota Surabaya telah berubah menjadi lebih indah, asri, bahkan sejuk. Mantan Wali Kota Surabaya Tri Rismaharani bersama jajarannya, dengan didukung seluruh lapisan masyarakat mampu membawa perubahan besar itu.

Dibalik pro dan kontra yang ada, perubahan pada Kota Surabaya itu sangat terasa dan positif. Surabaya kini sering menerima pujian dan penghargaan pada ajang nasional maupun internasional.

“Saya bukan asli warga kota ini (Surabaya), saya adalah pendatang dari luar Jawa, jujur saja saya sangat senang sekali dengan perubahan besar pada Surabaya sekarang ini. Surabaya sekarang terlihat lebih sejuk dan indah, kalau perempuan malah sangat cantik,” kata Ruly Tampubolon (48) sambil tertawa lirih.

Berikut ini kami tampilkan perubahan Surabaya dari masa ke masa melalui media Foto.

  1. Kota Surabaya dulunya memiliki kawasan hutan yang luas, yang bisa jadi digunakan arek-arek Suroboyo dalam berjuang melawan penjajah. Kini menjelma menjadi Kota metropolitan.
  1. Balai Kota Surabaya saat ini penuh bunga warna-warni serta ada air mancur pada bagian depan. Warga Surabaya biasanya memanfaatkannya sebagai sarana hiburan murah.
  1. Kawasan Jalan Tunjungan Plaza kini lebih berwarna dengan adanya Lampu hias yang dipasang dengan tema yang berbeda secara rutin.
  1. Kalimas Surabaya dulunya penuh oleh sampah dan terlihat kumuh. kini berubah menjadi cantik dengan hiasan lampu berbagai warna dan bentuk yang unik.
  1. Adanya Jembatan Suramadu, membuat orang harus naik kapal ferry minimal satu jam kalau mau ke Madura, karena Jembatan Suramadu perjalanan kini hanya butuh waktu 10 menit saja.

Dari Redaksi. Diolah dari berbagai sumber.

  • Bagikan