Ketua FBPD Sidoarjo; “Bupati Yang Baik, Harus Paham Potensi Daerahnya, Hingga Yang Terkecil, Yaitu Desa”

  • Bagikan
Sigit Setiawan
Ketua Forum BPD Kabupaten Sidoarjo

Sidoarjo,- Jangan sekali-sekali “ngeremehkan” desa. Pada struktur pemerintahan, desa hirarkinya mungkin paling bawah. Namun dari yang paling bawah itu keberhasilan pemimpin akan dipertaruhkan.

Jika kue pembangunan itu orientasinya pemerataan, maka desa dipastikan juga akan maju pembangunan, ekonomi dan sumber daya manusianya.

Diwawancarai via telpon selulernya, Sigit Setiawan, Ketua FBPD (Forum Badan Permusyawaratan Desa) Kabupaten Sidoarjo, menerangkan pemimpin atau Bupati yang baik itu harus mempunyai visi dan misi kewilayahan.

Disamping itu, lanjut Sigit, panggilan karib Sigit Setiawan, seorang Bupati juga harus mempunyai wawasan dan pengetahuan yang baik tentang potensi daerah yang dipimpinnya. Daerah yang dipusat kota, hingga yang paling bawah atau pelosok, yaitu di desa.

“Bagaimana sebuah daerah itu akan maju kalau pemimpin atau Bupatinya tidak mengetahui kondisi wilayahnya,” ujarnya.

Kondisi daerahnya itu, kata Sigit, harus dipahami atau diketahui oleh Bupatinya hingga tingkat yang paling pelosok atau pinggiran atau desa. “Informasi soal kondisi daerah itu harus diterima oleh seorang Bupati dengan valid sesuai kondisi sebenarnya. Untuk itu Bupati harus mempunyai sistem yang masif dan terstruktur layaknya BPD,” terang Sigit.

Seorang pemimpin daerah, kata Sigit, harus mempunyai rencana pembangunan disemua aspek. Ada skala prioritas yang jelas. Ada rencana pembangunan yang makro yang terukur atau grand design untuk jangka waktu yang panjang minimal 20 tahun.

“Sehingga arah dan tujuan pembangunan itu jelas. Tidak nggelambyar, tidak jelas arahnya,” terang Sigit. (mnr).

  • Bagikan