Khofifah Janji Kawal 65 Warga Jatim yang Akan Pulang dari Natuna

  • Bagikan
Khofifah Indar Parawansa, Gubernur Jawa Timur

Jawa Timur,- Warga Jawa Timur sejumlah 65 orang yang dipulangkan Pemerintah daru Wuhan Tiongkok, telah menjalani karantina selama 14 hari di Natuna, Kepulauan Riau akan dipulangkan ke rumah pada Sabtu (15/02/2020).

Menurut Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, pemulangan itu menyusul informasi yang disampaikan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI yang menyatakan bahwa seluruh WNI yang dikarantina di Natuna dalam kondisi sehat.

“Akan kami kawal betul proses pemulangannya. Guna memastikan ke 65 warga kami bisa kembali sehat dan berkumpul dengan keluarganya. Kepulangan mereka sudah ditunggu, ungkap Gubernur Khofifah di Gedung Negara Grahadi, Jalan Gubernur Suryo, Surabaya, pada Jumat (14/02/2020) pagi.

Seperti diketahui, dari total 238 WNI yang dibawa pulang dari Wuhan Tiongkok, sebanyak 65 berasal dari Jatim. Rinciannya yaitu, dari Sidoarjo 3 orang, Surabaya 34 orang, Tuban 1 orang, Banyuwangi 1 orang, Bojonegoro 1 orang, Bondowoso 1 orang, Gresik 1 orang, Jember 1 orang, Kediri 4 orang, Lamongan 2 orang, Lumajang 4 orang, Malang 7 orang, Pamekasan 1 orang, Ponorogo 1 orang dan Probolinggo 3 orang.

Gubernur Khofifah menjelaskan, masyarakat Jatim tidak perlu terlalu khawatir dalam merespon kepulangan WNI tersebut. Dirinya akan pastikan seluruh WNI itu dalam kondisi sehat.

“Kementerian Kesehatan telah melakukan observasi selama 14 hari dan tidak ada satupun dari mereka yang menunjukkan gejala telah terinfeksi Virus Corona. Mereka kini telah mengantongi surat keterangan sehat dari Kemenkes, jadi saya berharap tidak usah khawatir,” jelasnya.

Meskipun ia tetap mengingatkan seluruh masyarakat tetap waspada terhadap ancaman penularan Virus Corona. Seluruh masyarakat harus terus menerapkan pola hidup bersih dan sehat. Masyarakat juga dihimbau tidak meremehkan jika ada anggota keluarga yang mengalami gejala terjangkit Virus Corona. (man).

  • Bagikan