Meski Terbatas, Dinas Peternakan Kabupaten Bangkalan Maksimalkan 54 Paramedik Inseminasi Buatan

  • Bagikan

Bangkalan | JATIMONLINE.NET,- Jumlah Paramedik Inseminasi Buatan (IB) di Kabupaten Bangkalan secara jumlah masih jauh dari ideal. Namun Dinas Peternakan (Disnak) akan memaksimalkan jumlah yang ada.

“Jumlah Paramedik sejauh ini saya kira masih cukup untuk bekerja secara maksimal. Meski sesungguhnya lembaga kita tetap membutuhkan tambahan bantuan Paramedik IB. Setidaknya disetiap kecamatan disedianakan 5 hingga 7 orang Paramedik. Terutama menjelang hari raya idul adha karena mereka para peternak sapi banyak mendapatkan dari masyarakat,” ujar Ali Makki, Kepala Bidang ( Kabid) Kesehatan Hewan Dinas Peternakan Bangkalan.

Disamping itu, untuk memenuhi tugasnya, lanjut Ali Makki, Paramedik IB diharuskan memiliki kualifikasi pendidikan linier dengan bidang tugasnya. tidak seperti sebelumnya, perekrutan petugas IB dianggap cukup bagi orang yang mampu.

IB adalah proses memasukkan sel sperma ke rahim sapi betina melalui kawin suntik. Meski dengan jumlah yang terbatas, 54 Paramedik yang bertugas melakukan IB pada sapi sapi di Kabupaten Bangkalan dinilai cukup.

“Yang susah sekarang ini mencara lulusannya karena harus berijazah D3 kesehatan hewan atau ijazah sekolah kejuruan bidang kesehatan hewan, tandas Ali Makki. (mnr).

  • Bagikan