Minimalisir Persebaran Covid-19, Tim KKN-T Umsida Bersama Bidan Desa, Gelar Sosialisasi Protokol Kesehatan di Desa dan Lembaga Pendidikan

  • Bagikan
Bidan Desa Glagaharum, Kecamatan Porong, Kabupaten Sidoarjo, Suriah, Amd (tengah) saat ditemui Tim KKN-T Umsida (kanan).

Sidoarjo | JATIMONLINE.NET,- Dalam rangka memberikan edukasi terkait protokol kesehatan, Tim Kuliah Kerja Nyata Tangguh (KKN-T), Universitas Muhammadiyah Sidoarjo bekerja sama dengan Bidan Desa, memberikan sosialisasi pada masyarakat di Desa Glagaharum, Kecamatan Porong, Kabupaten Sidoarjo.

Bidan Desa Glagaharum, Suriah, Amd., saat ditemui Tim KKN-T mengatakan, bahwa dalam upaya untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19, Bidan Desa bekerja sama dengan Kader Posyandu akan melakukan sosialisasi protokol kesehatan.

Kader posyandu yang terdiri dari ibu- ibu, selama ini bergerak dalam upaya menjaga kesehatan masyarakat. “Ibu-ibu itu lebih luwes dan lebih dekat terhadap anak dan ayah, sehingga tujuan utama dari pencegahan Covid-19 bisa terlaksana, dan masyarakat sadar akan pentingnya penerapan protokol kesehatan demi Desa kita tercinta,” kata Suriah menjelaskan.

Tim KKN-T 2020 Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) yang tergabung dalam KKN-T/Mandiri, melaksanakan kegiatan sosialisasi dan edukasi protokol kesehatan. Kegiatan dilakukan di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Sabilil Khoir yang ada di Desa Glagaharum pada Senin (20/7/2020).

Wabah Corona Virus Disease-19, atau yang lebih akrab disebut Covid-19, melanda di seantero pelosok Nusantara. Tatanan perubahan harus dilakukan, baik dalam kehidupan bermasyarakat maupun dilembaga pendidikan.

Salah satu upaya penting dalam rangka meminimalisir penyebaran virus tersebut adalah sosialisasi protokol kesehatan dimasa pandemi.

Kurangnya pemahaman di masyarakat akan pentingnya protokol kesehatan membuat pelanggaran seringkali ditemui. Pun dilembaga pendidikan, siswa-siswi tidak memakai masker saat keluar rumah dan saat pembelajaran tatap muka.

TIM KKN-T (berdiri) dan siswa-siswi MI Sabilil Khoir, Desa Glagaharum, saat Sosialisasi protokol kesehatan yang dilakukan sebelum melakukan Pembelajaran

Kepala MI Sabilil Khoir Glagaharum, Asfiyak, S.Pd.I., mengatakan, bahwa kegiatan sosialisasi sangat penting dilakukan pada siswa-siswi agar mengetahui betapa pentingnya melaksanakan protokol kesehatan yang didalamnya terdapat pembelajaran tentang bagaimana melakukan pola hidup bersih dan sehat.

“Saya sangat mendukung adanya progam ini. Anak-anak bisa mengetahui dan mempraktekkan di sekolah dan dirumah. Harapannya bisa menjadi teladan bagi adik-adik nya dirumah agar senantiasa melaksanakan protokol kesehatan yang sangat dianjurkan oleh pemerintah,” pungkasnya. (uzi).

  • Bagikan