PT. Tirta Investama Berkomitmen Tingkatkan Kesehatan dan Kesejahteraan Masyarakat di Era Pandemi

  • Bagikan
Camat Winongan bersama Direktur Yayasan Social Investment Indonesia dan Kepala Desa Mendalan dalam Kick Off Meeting CSR PT. Tirta Investma

Pasuruan,- Pandemi Covid-19 kini terus meluas di hampir seluruh wilayah di Indonesia. Hampir seluruh sektor seperti tak luput kena imbas dari virus covid-19.

PT. Tirta Investama Plant Keboncandi, Pasuruan berupaya untuk terus menjalankan komitmen dalam meningkatkan taraf hidup masyarakat. Terutama di daerah terdampak Cluster 1 perusahaan yaitu Desa Keboncandi, dan Desa Tenggilisrejo (Kecamatan Gondangwetan), dan Desa Mendalan (Kecamatan Winongan).

Komitmen itu diaplikasikan melalui program yang telah berkesinambungan yaitu Pasuruan Bersahaja (Bersih, Sehat, dan Sejahtera) dan Local Economic Development (LED). Bertempat di Balai Desa Mendalan, pada 21 Juli 2020, launching sekaligus sosialisasi program dilakukan bersama pemerintah setempat baik dari tingkat kecamatan, desa, komunitas masyarakat, dan para pemangku kepentingan terkait lainnya.

Hari Wicaksono selaku Stakeholder Relation Manager mengungkapkan bahwa perusahaan berkomitmen untuk menginisiasi program yang berkesinambungan. Program WASH dan LED telah berjalan selama 10 tahun untuk menjaga keseimbangan sosial dan ekonomi masyarakat.

“Perekonomian masyarakat terus berjalan di tengah pandemi covid-19, kolaborasi perusahaan dengan pemerintah kecamatan maupun desa melalui program ini bisa menjadi salah satu energi baik bagi kehidupan masyarakat,” kata Hari.

Kegiatan tersebut dihadiri Camat Winongan, Sektretaris Camat Gondangwetan, dan Direktur Yayasan Social Investment Indonesia. Kegiatan kick off meeting itu tetap mengedepankan protokol kesehatan bagi seluruh undangan yang hadir.

“Program ini sesuai dengan harapan pemerintah saat ini, sebagai wilayah yang masih belum sepenuhnya ODF akan sangat terbantu dengan adanya program WASH,” ungkap Basmi, S.Pd, M.M., selaku pimpinan pemerintah Kecamatan Winongan.

“Program pemberdayaan masyarakat melalui pengembangan ekonomi lokal mengajak masyarakat untuk mandiri secara ekonomi. Harapannya tidak hanya mengedepankan kemandirian secara ekonomi, tetapi juga bisa menghasilkan suatu produk yang akan menjadi ciri khas desa, seperti Batik Mendalan yang mempunyai nilai kearifan budaya dan menjadi identitas lokal,” tambahnya lagi.

Yayasan Social Investment Indonesia dipercaya PT. Tirta Investama untuk melanjutkan pendampingan program. Sejak 2010 YSII telah menjadi mitra perusahaan dalam mensukseskan program LED dan WASH.

“Program kami susun bersama perusahaan dalam jangka panjang atau multiyears, untuk tahun ini program LED akan kami fokuskan untuk usaha produktif perikanan, pendampingan UMKM, penguatan kelembagaan koperasi, dan terus mengembangkan usaha Batik Mendalan,” kata Musmin selaku Program Manager dari YSII.

Sedangkan kegiatan-kegiatan dalam program WASH diprioritaskan untuk mengatasi permasalahan sampah, permasalahan kesehatan anak khususnya stunting, dan dukungan untuk ODF yaitu berupa fasilitas jamban sehat.

“Program akan melibatkan peran serta dari kelompok Karang taruna, PKK dan kader kesehatan, Puskesmas, dan bidan desa. Program juga diharapkan dapat bersinergi dengan program pembangunan daerah sehingga mampu memperluas penerima manfaat program,” jelas Musmin. (min).

  • Bagikan