Puluhan Paus Terdampar di Bangkalan, Hanya 3 yang Berhasil Didorong Kembali ke Laut

  • Bagikan
Khofifah Indar Parawansa, Gubernur Jawa Timur saat meninjau ikan Paus yang terdampar

Bangkalan | JATIMONLINE.NET,- Viralnya paus yang terdampar di perairan Bangkalan ternyata jumlahnya mencapai puluhan. Belum diketahui pasti apa penyebab paus paus itu terdampar sampai ke pantai.

Dari sejumkah 52 ekor ikan paus yang terdampar di perairan Desa Petereman, Kecamatan Modung, Kabupaten Bangkalan, hanya 3 saja yang berhasil kembali ke laut.

Atas kejadian tak biasa itu, Khofifah Indar Parawansa, Gubernur Jawa Timur, turun langsung meninjau ke lokasi pada Jum’at (19/2/2021). Diduga paus paus itu terdampar karena mengikuti induknya.

“Puluhan paus yang terdampar ini mengikuti induknya yang kebetulan terjebak di perairan Modung. Karenasang indukan terjebak di sini, maka anakannya pun mengikuti. Inilah makanya jumlahnya menjadi sebanyak ini,” kata Khofifah.

Tim penyelamat dengan dibantu warga berhasil mendorong 3 ikan paus ke tengah laut.

Pendapat berbeda diungkapkan, Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Bangkalan, Muhammad Zaini. Mwnurutnya, ikan paus iti terdampar akibat terbawa angin puting beliung yang terjadi sebelumnya. Akan tetapi, sampai berita ini diturunkan ia belum mengetahui secara pasti penyebab kawanan paus itu terdampar.

“Dugaan kami ya akibat adanya puting beliung kemarin sore, sehingga puluhan ikan tersebut terdampar di sini,” tambahnya.

Saat ini petugas masih melakukan penyelidikan penyebab pasti terjadinya puluhan paus itu sampai terdampar. (man).

  • Bagikan