Ringankan Beban Ekonomi, LAZISNU Kraton, Krian, Salurkan Bantuan Modal Usaha Ke UMKM

  • Bagikan
Prosesi penyerahan bantuan dari LAZISNU Desa Kraton, Kecamatan Krian, Kabupaten Sidoarjo

Sidoarjo | JATIMONLINE.NET,- Masa pandemi Covid-19 yang berkepanjangan ini sangat memukul ekonomi hampir disemua lini.

Untuk meringankan beban masyarakat akibat dampak pandemi ini, LAZISNU (Lembaga Amil Zakat, Infaq dan Shodaqoh Nahdlotul Ulama) Desa Kraton Kecamatan Krian, Sidoarjo memberikan bantuan modal usaha kepada UMKM.

Acara pemberian bantuan modal usaha tersebut dilaksanakan pada Minggu, (17/1/2021) di Balai Desa Kraton, Krian, Sidoarjo. Dalam sambutannya, Ketua LAZISNU MWC NU Krian, Sidoarjo merasa bahagia dan mengapresiasi atas pemberian bantuan yang diberikan kepada kelompok pelaku usaha atau UMKM.

“Kami mewakili pengurus MWC NU dan LAZISNU Krian, mengucapkan terima kasih kepada LAZISNU Desa Kraton yang cukup aktif berkhidmad kepada masyarakat,” jelas Moch. saichu, Ketua LAZISNU MWC NU Krian.

“Dalam penyerahan bantuan modal usaha ini tolong jangan dilihat nominalnya, terapi lihatlah kesungguhan dan kepedulian NU Ranting/ Desa Kraton pada tumbuh kembangnya usaha kecil yang ada di Desa Kraton,” ujar H. Dulmakom yang ketua Lembaga Waqof dan Pertanahan (LWP) MWC NU Krian.

Hal senada juga disampaikan oleh Ketua Ranting NU Kraton, Krian, Dulmakom, bahwa gerakan KOIN NU peduli yang sudah berjalan di Ranting NU Kraton, dirasakan manfaatnya oleh masyarakat, mulai dari santuan kematian, santunan anak yatim dhuafa dan bantuan modal usaha untuk UMKM.

Adapun bantuan modal usaha tersebut diberikan kepada pelaku usaha kecil diantaranya pedagang es tebu, usaha krupuk, pedagang gorengan, pedagang lontong dan pedagang kue basah. “Bantuan modal usaha ini berupa uang tunai senilai Rp 500 ribu dan ada yang berupa rombong,” tambah H. Zainal Arifin.

H. Zainul Arifin Ketua LAZISNU Ranting Kraton mengungkapkan hal yang sama, bahwa bantuan modal tahap pertama untuk UMKM ini adalah untuk penguatan permodalan dan penguatan usaha umat serta penguatan kelembagaan NU.

Bantuan modal usaha tersebut, lanjut H. Zainal Arifin, berasal dari empat dusun yang masing masing satu dusun, terdapat dua penerima.

“LAZISNU Ranting Kraton telah mentasyarufkan hasil gerakan KOIN NU yaitu untuk santuan kematian berupa air mineral 5 dus setiap keluarga yang berduka, penyaluran paket sembako dhuafa pada bulan romadlon dan santuan anak yatim dhuafa pada bulan Muharram,” terang H. Zainul Arifin. (mnr).

  • Bagikan