Tidak Berpotensi Tsunami, Berikut Daftar Daerah yang Ikut Merasakan Guncangan Gempa Malang

  • Bagikan
Tangkapan layar twitter BMKG

Jakarta | JATIMONLINE.NET,- Jagad media sosial ramai akan isi unggahan tentang adanya gempa yang dirasakan disejumlah daerah, khususnya di Jawa Timur. Akan tetapi sebenarnya gempa dirasakan hampir di seluruh wilayah di Indonesia.

Menanggapi itu, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), akhirnya mengumumkan gempa bumi dengan kekuatan magnitudo 6,7. Gempa diketahui berasal dari Kabupaten Malang, Jawa Timur pada Sabtu (10/04/2021).

“Gempa bumi yang terjadi hari ini adalah jenis gempa bumi menengah. Hal itu disebabkan adanya aktivitas subduksi. Hasil analisis mekanisme sumber gempa menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan naik (thrust fault),” jelas Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Bambang Setiyo Prayitno dalam keterangan resminya.

Terkait fenomena itu, BMKG memastikan belum ada aktivitas yang menunjukkan akan terjadi gempa bumi susulan (aftershock), jadi masyarakat dihimbau tidak panik dan tidak terprovokasi berita hoax. Hasil pantauan BMKG, berdasarkan kondisi per pukul 14.25 WIB, bahwa gempa tidak berpotensi tsunami.

Di bawah ini adalah daftar daerah yang terdampak dan merasakan guncangan gempa:

  1. Turen V MMI
  2. Karangkates
  3. Malang
  4. Blitar IV MMI
  5. Kediri
  6. Trenggalek
  7. Jombang III-IV MMI
  8. Nganjuk
  9. Ponorogo
  10. Madiun
  11. Ngawi
  12. Yogyakarta
  13. Lombok Barat
  14. Mataram
  15. Kuta
  16. Jimbaran
  17. Denpasar III MMI
  18. Mojokerto
  19. Klaten
  20. Lombok Utara
  21. Sumbawa
  22. Tabanan
  23. Klungkung
  24. Banjarnegara II MMI

(san).

  • Bagikan