Tingkatkan Inovasi UMKM Desa Ketegan, Mahasiswa KKN-P 49 2021 UMSIDA, Gelar Sosialisasi Bersama Pemdes

  • Bagikan
Tim Mahasiswa KKN-P 49 2021 UMSIDA, di Desa Ketegan, Kecamatan Tanggulangin, Kabupaten Sidoarjo

Sidoarjo | JATIMONLINE.NET,- Sebanyak 15 mahasiswa/i yang tergabung dalam Kuliah Kerja Nyata (KKN) Pencerahan 2021 Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida), Desa Ketegan mengadakan sosialisasi mengenai Edukasi UMKM di Balaidesa Ketegan, Kecamatan Tanggulangin, pada Selasa (09/8/2021).

Sosialisasi mengenai inovasi UMKM desa dilakukan secara offline dengan seluruh stakeholder Pemerintah Desa Ketegan beserta pegiat UMKM dan masyarakat setempat. Sosialisasi ini mengangkat tema “Inovasi UMKM Hebat, Bersama Masyarakat Desa Ketegan Hebat”. Pelaksanaan sosialisasi dilakukan sesuai protokol kesehatan, dimulai pukul 09.00 – 11.00 WIB.

Beberapa tips dan trik yang dapat diaplikasikan dalam inovasi UMKM Desa, diantaranya terkait pemodalan, perizinan, manajemen waktu serta pemasaran online.

Menurut Arif selaku kordinator desa Kelompok 49 Ketegan Terdapat tiga hal yang perlu diingat dan dijalankan ketika memulai usaha yaitu kreativitas, keuletan dan pantang menyerah. Sebagai pemula dalam usaha, pegiat UMKM sebaiknya tidak berorientasi pada uang namun pada pelanggan.

“Masalah yang cukup krusial adalah pemasaran produk dan  kemasan. Kemasan yang menarik akan buat nilai jual suatu produk lebih tinggi, dan dapat membedakan produk satu dengan yang lainya. Sebagai pembeda branding setiap UMKM dapat mencantumkan logo dalam kemasan produk untuk menghindari plagiasi,” kata Arif.

Sementara itu Penanggung jawab kegiatan, Mia Safitri, mengungkapkan, sebetulnya banyak Sumber Daya Alam yang dapat dimanfaatkan di Desa Ketegan ini, namun masyarakat belum melihat hal tersebut sebagai peluang bisnis. Para pegiat UMKM masih terkesan kurang bersemangat dalam menjalankan usahanya.

“Semoga dengan koordinasi mengenai Inovasi dalam UMKM Desa ini dapat membangun kembali semangat para pegiat UMKM, selain sebagai pemasukan pribadi, saya harap dengan adanya makanan khas daerah Ketegan ini mampu menjadi icon kuliner sebagai oleh-oleh nantinya,” harap Mia.

Kepala Desa Ketegan, Ahmad Shofi’i berharap dengan adanya edukasi seperti ini mampu menjadi penyemangat pegiat UMKM dalam Memunculkan inovasi UMKM Khususnya di desa Ketegan.

“Harapan kami selaku penyelenggara kegiatan, edukasi ini semoga dapat membawa angin segar bagi warga dalam memajukan usaha UMKM yang ada, sekaligus dapat membantu masalah keuangan di masa pandemi,” tukas Nida selaku Wakil Ketua tim KKN-P 49. (Arif Syafi’Udin Asy’Ror). (cntr).

  • Bagikan