Peduli Ekonomi Warga, Bumdes Kedungturi, Taman, Sidoarjo Kerja sama Pemberdayaan Dengan Minimarket

  • Bagikan
Camat Taman, Drs. Ali Sarbini saat member sambutan, di Balai Desa Kedungturi, Taman, Sidoarjo

Sidoarjo | JATIMONLINE.NET,- Untuk meningkatkan pemberdayaan ekonomi warga Desa Kedungturi, Taman, Sidoarjo, Bumdes (Badan Usaha Milik Desa) Kedungturi, Surya Sejahtera, melakukan kerja sama dengan mini market yang ada di Desa Kedungturi, Taman.

Penanda tanganan kesepakatan kerja sama tersebut bertempat di Pendopo Desa Kedungturi, Taman, Sidoarjo, Senin (30/11/2020).

Hadir dalam acara tersebut, Camat Taman, Drs Ali Sarbini Kepala Desa Kedungturi, Ketua Bumdes Kedungturi, Zainul Milahi, Penyuluh Kesehatan dari Ponkesdes (Pondok Kesehatan Desa), pihak mini market, jajaran Perangkat Desa dan UMKM anggota Bumdes Surya Sejahtera.

Sebelum acara dimulai, petugas penyuluh kesehatan dari Ponkesdes Desa Kedungturi memeriksa semua tamu undangan yang hadir. Pemeriksaan kesehatan itu dimaksudkan untuk menerapkan protokol kesehatan akibat pandemi corona.

Dalam sambutannya, Camat Taman, Drs. Sarbini mengatakan rasa bangga dan antusias atas upaya yang dilakukan oleh Bumdes Surya Sejahtera, Desa Kedungturi, Taman, Sidoarjo ini.

“Menurut pengamatan saya, MoU semacam ini adalah yang pertama di Sidoarjo. Karena saya belum pernah menemuinya. Karena itu, apa yang dilakukan oleh Bumdes Kedungturi ini adalah sebuah inovasi dalam pemberdayaan UMKM. Selaku Camat kami ucapkan terima kasih kepada perwakilan dari mini market,” terang Sarbini, Camat Taman.

Penanda tanganan MoU perwakilan Alfa midi, disampingnya, Zainul Milahi, Ketua Bumdes Surya Sejahtera, Desa Kedungturi, Taman, Sidoarjo

Di Desa Kedungturi, Taman, Sidoarjo, tercatat ada 5 mini market yang berdomisili di Desa Kedungturi. 5 mini market tersebut adalah 2 Indomart, 2 Alfamart dan 1 Alfamidi.

Ketua Bumdes Surya Sejahtera, Zainul Milahi ini mengatakan bahwa kerja sama Bumdes Surya Sejahtera dengan mini market yang ada di Desa Kedungturi ini adalah upaya pemberdayaan ekonomi warga Desa Kedungturi berbasis kemitraan dengan mini market.

“Ini bukanlah kerja sama yang profit oriented. Namun kerja sama ini adalah kegiatan pemberdayaan ekonomi yang orietasinya sosial oriented. Karena sejatinya semangat dari Bumdes bukan hanya pada profit kapital, namun juga semangat sosial,” tutur Emil, panggilan akrabnya Zainul Milahi.

Bentuk kerja sama itu adalah, pembinaan UMKM dengan memberi kesempatan warga Desa Kedungturi, bisa berjualan di teras mini market yang ada di Desa Kedungturi, tanpa dipungut biaya.

Emil menambahkan, dengan memberikan tempat berjualan tanpa dipungut biaya tersebut bisa dirasakan pemberdayaannya bagi warga desa. “Dalam kurun waktu sekian bulan nanti, jika dirasa UMKM yang berjualan tersebut bisa jalan dan dirasa mampu, maka pengguna stand tersebut akan dirolling, digantikan pada pengguna yang baru yang masih kurang mampu, begitu seterusnya,” jelas Emil.

Dalam kesempatan tersebut juga dilakukan penyerahan bantuan puluhan paket sembako oleh Bumdes Surya Sejahtera yang diberikan pada lansia kurang mampu. Bantuan paket sembako tersebut diharapkan bisa meringankan beban warga masyarakat akibat terdampak covid -19. Bantuan paket sembako tersebut secara simbolis diberikan oleh Pj. Kepala Desa Kedungturi, Drs. Tetuko Trisno. (mnr).

  • Bagikan